Better You

Veggie Battle: 4 Sayuran Alternatif Ini Harus Anda Coba!

  by: Redaksi       28/9/2014
  • Meskipun secara fisik dan tekstur tampak mirip dengan wortel, lettuce, kentang, dan bayam, ternyata kandungan nutrisi dari empat sayuran di bawah ini berbeda. Kira-kira, mana yang lebih baik ya? (Muhtar Rais/IR/Image: Dok. Cosmopolitan)
     


    Wortel Vs. Lobak

    Sepupu wortel ini memiliki rasa yang lebih “warna-warni”. Lidah Anda akan merasakan cita rasanya yang manis dan nutty flavor. Dengan kandungan serat dua kali lipat dari wortel, secangkir lobak yang Anda konsumsi sudah langsung mengisi penuh perut. Apalagi kandungan vitamin C, vitamin K, dan folat yang dimilikinya sangat membantu tubuh untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengontrol gula darah.   


    Lettuce Vs. Bok Choy

    Batangnya yang lebih renyah dan daunnya yang terlihat seperti kubis, bok choy jadi senjata ampuh untuk melawan risiko kanker. Thanks to glucosinolate dan indole yang terkandung di dalamnya. Anda bisa menyajikannya dengan cara menumisnya dengan menambahkan beberapa tetes minyak wijen, bawang, kacang cincang panggang, dan kecap. Hmmm... yummy!




    Kentang Vs. Sunchoke

    Rasanya yang lembut dengan tekstur yang renyah, Anda tak perlu bingung untuk menggabungnya dengan berbagai menu utama makan Anda. Sunchoke juga berisi lima gram zat besi peningkat energi (angka yang besar bila dilihat kembali sunchoke bukan termasuk dari keluarga kacang-kacangan) dan inulin. Inulin inilah yang akan membantu tubuh menurunkan kolesterol darah dan menstabilkan kadar gula darah.


    Bayam Vs. Swiss Chard

    Kaya vitamin dan rasa yang lebih intens, sejak awal saja swiss chard sudah bisa mengungguli bayam, apalagi kehebatannya yang lain yang mampu meningkatkan kandungan zinc dari setiap sajiannya. Ia juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin lebih tinggi. Menurut studi yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition, dengan rajin mengonsumsi swiss chard maka Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.