Career

4 Rencana Mengatur Karier Lebih Maju

  by: Redaksi       29/9/2014
  • Satu teman Anda mengabarkan ia masih di kantor (untuk apalagi kalau bukan bekerja), padahal malam sudah larut. Sedangkan satu teman Anda yang lain, baru saja update social media sedang menikmati malam bersama pasangannya dan kerabat di restoran terkenal ibukota. Jam kerjanya sudah selesai sejak sore tadi. Tentu saja Anda memiliki pilihan ada di golongan mana. Oh come on dear... jangan sampai kerjaan menyita waktu dan tenaga hingga Anda tak bisa lagi merencanakan ke mana karier Anda akan mengarah. Empat cara ini harus mulai Anda terapkan!

    Tanyakan Diri Anda
    Pertimbangan menjalani sebuah pekerjaan yang menyenangkan bukan hanya digit bulanan yang Anda dapatkan. Kecocokan dengan kemampuan, cara kerja Anda, dan jam kerja yang diterapkan sebuah perusahaan juga harus jadi pertimbangan. Entah Anda baru memulai bekerja atau sedang ingin meningkatkan karier di kantor, selalu lakukan pengenalan diri. Jangan sampai Anda berakhir hanya jadi “robot” yang bekerja sembilan jam sehari tanpa menikmati setiap prosesnya.

    Don’t Limit Yourself
    Sudah waktunya Anda menunjukkan semua kemampuan yang dimiliki. Atur laporan perkembangan tugas setiap periodenya (harian, mingguan, atau bulanan) dengan rekan satu tim atau pimpinan. Buat laporan itu sesingkat mungkin, yang terpenting setiap detail tercantum. Perluas kesempatan untuk bertemu banyak orang dari bagian lain.

    Bangun Networking
    Jaringan yang luas dan beragam akan membuka peluang untuk kemajuan karier Anda. Bahkan suatu saat mungkin Anda akan mendapat tawaran bekerja sama dengan seseorang yang tak pernah Anda sangka. Saat pertama kali bertemu seseorang yang baru, perkenalkan diri Anda secara formal dan bertukarlah kartu nama. Tawarkan kepadanya hal-hal yang sekiranya bisa Anda bantu saat ia membutuhkan orang baru dalam projek.



    Lanjutkan Pendidikan
    Jenjang pendidikan Anda yang tinggi bukan hanya akan membuat rekan kerja tertarik, tapi dalam ukuran salary pun itu akan memberikan pengaruh yang besar. Coba cari program pendidikan yang mendukung karier Anda sekarang. Tanyakan juga pada perusahaan apakah mereka memiliki program beasiswa untuk mendukung pendidikan Anda. (Muhtar Rais/IR/Image: iStock/Thinkstock)