Career

4 Hal Terlarang bagi Si Office Newbie

  by: Adya Azka       29/9/2014
  • Hari pertama menjadi karyawan baru di kantor baru tentu menyenangkan. Tapi, jangan sampai suasana menyenangkan ini berubah kikuk karena Anda (sebagai karyawan baru) melakukan empat hal terlarang berikut...

    1. Percaya Gosip
    Setiap kantor tentu punya kisahnya tersendiri. Saat makan siang bersama rekan kerja biasanya menjadi saat yang tepat untuk ajang bergosip. Memang tidak dilarang untuk mendengarnya karena gosip ini juga berguna untuk mempelajari situasi di kantor baru. Tapi, jangan langsung percaya dengan setiap bahasannya. Sebaiknya pilah-pilah setiap hal yang Anda dengar dan cari kebenarannya.

    2. Sok Tahu
    Saat rekan kerja sedang membicarakan sesuatu, Anda langsung ikut menimpali dan menjelaskan panjang lebar seakan-akan Anda yang paling tahu segalanya. Stop it, dear! Anda tak pernah tahu kan kalau sebenarnya wawasan mereka ternyata lebih luas daripada Anda. Remember, you are a newbie in that place.



    3. Merasa Lebih Hebat
    Anda sudah berpengalaman selama lima, tujuh, bahkan sepuluh tahun? Hmm, saat Anda masuk ke kantor baru tetap saja Anda adalah karyawan baru. Tentu ada budaya dan aturan kerja yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan keahlian dan pengalaman Anda di kantor lama.



    4. Tidak Disiplin
    Cobalah buat kesan pertama Anda begitu menggoda. Usahakan selalu datang tepat waktu seingga penampilan saat tiba di kantor tetap fresh. Selain itu sebaiknya Anda juga menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kedisiplinan yang Anda tunjukan bisa jadi tambahan nilai plus di mata si bos lho. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)