Better You

Makanan dan Minuman “Sehat” yang Sebenarnya Tidak Sehat

  by: Silvya Winny       3/9/2015
  • Jangan mudah tertipu, dear. Makanan dengan label sehat tidak selamanya baik bagi tubuh. Beberapa makanan di bawah ini bahkan dapat menambah angka pada timbangan. Satu lagi alasan kuat untuk mengurangi konsumsi makanan ini!

     

    Energy Bar



    Anda mungkin mengira makanan ini sebagai salah satu alternatif snack saat sedang diet. Padahal, enegry bar memiliki kadar gula yang tinggi. Ukurannya yang kecil juga menipu otak untuk berpikir bahwa Anda tidak cukup hanya mengonsumsi satu bar saja. Tidak hanya itu, energy bar tidak memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

     

    Jus Segar

    Yup, minum jus setiap hari juga ternyata tidak baik bagi kesehatan. Jus memiliki kadar gula yang tinggi. Bahkan, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal, jus segar meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

     

    Minuman Bervitamin



    Jangan buru-buru tergoda dengan iming-iming minuman yang mengandung berbagai vitamin, ladies. Tubuh akan lebih mudah untuk menyerap vitamin lewat makanan dibandingkan cairan. Tidak hanya itu, ketika konsumsi air putih diganti dengan minuman bervitamin Anda akan lebih mudah dehidrasi.

     

    Yoghurt Buah Kemasan

    Yoghurt memang kaya akan nutrisi tetapi buah yang telah dikemas tidak. Kebanyakan buah yang terdapat dalam yoghurt kemasan telah diberi pemanis buatan sehingga memiliki kadar gula yang tinggi. Bisa dibayangkan efek buruk yang dapat muncul dari satu cup yoghurt buah kemasan.

     

    Margarin

    Hmmm, ternyata tidak semua margarin sehat. Margarin yang bertekstur padat memiliki lemak trans yang tinggi. Lemak trans dapat menurunkan kadar kolesterol “baik” HDL. Hal ini menyebabkan Anda lebih berisiko terkena penyakit penyebab kolesterol tinggi, seperti jantung, diabetes, hingga stroke. (Hana Devarianti/VP/Image: Voyagerix/iStock/475480008)