Better You

Fakta dan Mitos Tentang Payudara Kendur

  by: Silvya Winny       8/9/2015
  • Cosmo setuju kalau payudara kendur adalah mimpi buruk bagi setiap wanita. Untuk mengobati rasa takut Anda, Cosmo mengungkap beberapa fakta dan mitos tentang payudara kendur yang terangkum dalam artikel ini. Simak, ladies!

    Fakta: Tambah Usia = Tambah Kendur

    Usia memang tidak bisa berbohong. Seperti jaringan lainnya yang ada di dalam tubuh Anda, jaringan pada payudara juga akan “menua”. Seiring bertambahnya umur, ligamen Cooper yang mengikat jaringan pada payudara akan semakin meregang. Hal tersebut yang membuat payudara mengendur.



    Fakta: Merokok dan Cahaya UV Mengubah Bentuk Payudara

    Satu lagi alasan untuk berhenti merokok, dear. Penelitian yang dilakukan oleh ahli operasi plastik Brian Rinker menemukan bahwa merokok membuat payudara lebih mudah kendur. Tidak hanya merokok, sering terpapar cahaya UV juga dapat mengubah bentuk payudara Anda.

    Mitos: Mengenakan Bra Mencegah Payudara Kendur

    Yup, mengenakan bra ternyata tidak menjamin payudara tetap perky. Bahkan, penelitian dari Perancis menemukan bahwa bra dapat merusak jaringan pada payudara dan membuatnya lebih cepat mengendur. Namun, para peneliti menyarankan Anda mengenakan sports bra saat berolahraga. Ini karena jenis bra tersebut justru melindungi payudara ketika melakukan olahraga high-impact.



    Mitos: Olahraga yang Tepat Tidak Membuat Payudara Kendur

    Anggapan bahwa push-up dapat membuat payudara kencang ternyata hanya mitos belaka. Hal ini karena payudara terdiri dari jaringan lemak bukan otot. Namun, olahraga yang melatih otot dada dapat memperkuat ligamen di sekitar payudara, terutama ligamen Cooper.

    Mitos: Menyusui Menyebabkan Payudara Kendur

    Well, anggapan ini berbeda dengan hasil penelitian yang diterbitkan oleh Aesthetic Surgery Journal pada tahun 2008. Penelitian tersebut mengatakan bahwa kehamilan yang justru membuat payudara kendur, bukan menyusui. Akan tetapi, wanita dapat menghindarinya dengan menjaga berat badan yang sehat selama hamil. (Hana Devarianti/VP/Image: Zhenikeyev/iStock/478046564)