Better You

DASH: Diet dengan Manfaat Ganda

  by: RedaksiCosmopolitan       13/9/2015
  • Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk mengikuti pola makan yang sehat, dan kelak lingkar pinggang Anda pun akan menyesuaikan untuk kembali “normal”. Tidak sulit kok, ikuti saja diet terbaru berikut ini...

    What’s it Called: DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)

    The Benefits: Sebenarnya tujuan dari diet ini adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu mencegah penyakit jantung, dan yang menjadi kuncinya adalah penyerapan konsumsi nutrisi seperti potasium, kalsium, protein, dan serat. Semua itu terkandung dalam makanan yang sejak dulu Anda disarankan untuk konsumsi, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan low-fat dairy. Dan diet DASH juga telah terbukti melambungkan kadar kolesterol “baik” HDL dan mengurangi kolesterol “buruk” LDL serta triglycerides yang kerap jadi dalang penyakit jantung.



    The Proof: Sebuah studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, 144 orang dewasa yang memiliki masalah berat badan atau obesitas dan tekanan darah tinggi mengikuti diet DASH. Setelah empat bulan, grup tersebut sukses menurunkan berat badan sekitar 8 kilogram! Well, if you eat healthy...



    The Do’s: sayur-sayuran, buah-buahan, grains, lean poultry (ayam), ikan


    The Dont’s: garam (lebih baik ganti dengan bumbu berbasis herbs dan spices) (Sahiri Loing/SW/Image:jupiterimages/picksland/thinkstockphotos)