Better You

Diet yang Mengandalkan Lemak untuk Kesehatan

  by: RedaksiCosmopolitan       12/9/2015
  • Siapa bilang semua lemak itu buruk? Well, kalau Anda termasuk salah satu orang yang memercayainya, maka diet berikut ini mungkin dapat mengubah persepsi Anda.

    What’s it Called: The Skinny Gut Diet

    The Twist: Diet yang populer dari buku karangan Brenda Watson (The Fiber35 Diet) yang berjudul sama ini mengampanyekan kalau sebenarnya ada lemak yang “sehat” dan layak untuk Anda konsumsi. Dan tak perlu menghitung kadar asupan lemak dalam tubuh—all you need to do is just make sure you eat the right ones! Watson menjelaskan kalau makanan yang mengandung lemak sehat ampuh mengurangi inflamasi pada usus yang biasanya timbul gara-gara kelebihan berat badan, serta menjaga keseimbangan bakteria “baik” pada tubuh. Anda juga dianjurkan untuk mengurangi gula, meningkatkan serat, protein (untuk mengontrol rasa lapar), serta makanan yang “hidup” dan yang telah difermentasikan (sebagai penyalur bakteri baik serta “makanan” bagi bakteria yang sudah ada di tubuh).



    Stock This: Sumber lemak sehat seperti cold-pressed olive oil, flax oil, coconut oil, mentega (dalam kadar moderat), alpukat, walnut, chia seed, biji bunga matahari, sardin, salmon, dan kelapa; makanan hasil fermentasi seperti kimchi, sauerkraut (nonpasteurized), acar, keju dari susu mentah, tempe, kombucha, dan yogurt; serta sumber protein seperti daging ikan, ayam, telur, tepung rendah karbohidrat, tempe, tahu, dan hummus.



    Hindari Ini:  transfat, corn oil, vegetable oil, sunflower oil, soybean oil, dan peanut oil.
    (Sahiri Loing / SW / Image: cyanno66 / iStock / Thinkstock)