Lifestyle

5 Hal Yang Membuat Lombok Sangat Menawan!

  by: Silvya Winny       12/9/2015
  • Berada persis di sebelah pulau Bali, membuat pulau Lombok juga menjadi preferensi  wisatawan selain pulau Dewata yang belakangan mulai terasa sangat common. Setelah berada di pulau eksotis ini selama beberapa hari, Cosmo temukan ada banyak “surga” yang tidak disesaki para turis. Bahkan banyak pantai-pantainya yang terbilang virgin! Bila Anda have no idea akan menyusuri pulau mulai dari mana, don't worry, karena Anda tak akan pernah kehabisan destinasi cantik di sini. Biar Cosmo bantu! (Silvya Winny / FT / Image: dok. Cosmopolitan)


    Tanjung Aan

    Alasannya, karena letaknya ada di selatan pulau dan hanya sekitar 30 menit dari airport, jadi untuk mempersingkat waktu apa salahnya langsung mulai petualangan di Lombok menuju tanjung ter-eksotik di pulau ini? Setiap spot-nya pasti akan mengundang banyak “like” di akun sosial media Anda. Siapkan kamera, tripod, dan tersenyumlah! Oh ya, karena banyak penjaja kelapa muda di pinggir pantai, minumlah satu sambil merasakan angin pantai yang sejuk! 


    Batu Payung

    Dulunya, bongkahan batu ini persis seperti payung. Makanya namanya demikian. Namun, karena hantaman ombak terus-menerus, bentuknya mulai memipih tapi masih tetap besar dan megah. Untuk menjangkaunya memang butuh keberuntungan, karena kalau air sedang surut baru Anda bisa mencapainya dengan jalan kaki. Bila sedang pasang, Anda harus butuh perahu!




    Desa Tradisional Sasak

    Searah jalan kembali ke kota Mataram dari kawasan Selatan Lombok, cobalah mampir ke Desa Sasak, suku asli pulau Lombok. Desa yang terbuka untuk wisatawan, salah satunya adalah Desa Sade. Gampang kok mengenalinya bangunannya, cukup temukan saja rumah adat yang beratapkan alang-alang. Selain melihat pemukiman desa yang hanya sekitar 700 kepala keluarga, Anda juga akan diajak melihat proses pembuatan tenun songket khas Lombok. Belanja aksesori pun bisa. 


    Bukit Malimbu

    Segaris lurus dengan pesisir Senggigi dan setelah melewati medan jalan yang sedikit naik turun, Anda akan menemukan Bukit Malimbu. Menepilah sebentar di sana karena ini merupakan tempat terbaik untuk memandang Gunung Agung, Bali, dan tiga deretan pulau Gili, sekaligus. Keluarkan kamera untuk mengabadikan lanskap bak lukisan ini. 


    Trio - Gili

    Hampir semua wisatawan yang bertandang ke Lombok mem-booked day-trip bahkan menginap di salah satu dari tiga gili yang tersohor, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Untuk memotong waktu menyeberang dengan water taxi, Cosmo sarankan Anda menuju ke Teluk Nare. Hanya 30 menit saja Anda bisa tiba di Gili Trawangan, pulau terbesarnya. Jika sedang malas jalan kaki mengitari pulaunya, bagaimana kalau coba Cimodo, singkatan dari cikar-motor-dokar, yang ditarik dengan kuda. Yup, hanya ini satu-satunya sarana transportasi di sini!




    Taman Air Meyura

    Taman air ini merupakan peninggalan Kerajaan Karang Asem, Bali. Yup, sekali lagi karena Lombok merupakan pulau terdekat dari Bali. Di sini, Anda akan menemukan patung-patung bercirikan orang Arab, China, dan Jawa. Di sekitar taman air ini juga ada pura tempat umat Hindu beribadah. Eksotis!