Better You

Efek Buruk High Heels Bagi Kesehatan

  by: Silvya Winny       14/9/2015
  • High heels pasti sudah menjadi item wajib yang dimiliki oleh setiap wanita. Bahkan tidak jarang beberapa wanita mengenakan fashion item ini setiap hari. Namun, di balik kegunaannya yang dapat membuat Anda tampil lebih maksimal (and hotter of course!), sepatu hak tinggi ini dapat memberi efek buruk bagi kesehatan lho, seperti beberapa masalah kesehatan di bawah ini.

    Membuat Kaki Lebih Pendek
    Heels mungkin dapat membuat kaki Anda terlihat lebih jenjang untuk beberapa jam. Akan tetapi, dia justru dapat membuat kaki memendek. Yup, menurut jurnal yang diterbitkan di The Journal of Applied Physiology tahun 2012, mengenakan heels dapat membuat otot betis menjadi lebih pendek.

    Sakit Punggung
    Terlalu sering mengenakan heels juga bisa menjadi alasan dari sakit punggung yang sering dialami. Ini karena heels memberikan tekanan pada otot dan saraf tulang belakang. Ahli kesehatan tulang belakang Todd Sinett dari New York mengatakan mengenakan sepatu hak tinggi bahkan dapat mengakibatkan kerusakan saraf dan nyeri.

    Tumit Nyeri
    Rasa nyeri pada tumit juga bisa disebabkan oleh sepatu hak tinggi favorit Anda. Mengenakan heels dapat memendekkan tendon Achilles – otot yang terdapat pada tumit. Bahkan, dapat membuat tendon Achilles meradang sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

    Masalah Lutut
    Bukan hanya tumit saja yang menjadi “korban”, dear. Lutut Anda pun tidak luput menjadi sasaran. Meski bokong dapat terlihat lebih indah, mengenakan heels dapat memberikan tekanan pada otot dan saraf di lutut. Ini yang membuat lutut mudah terasa sakit.

    Kehilangan Keseimbangan
    Hmmm, akui deh berapa kali Anda tersandung ketika mengenakan heels? Ternyata masalah kehilangan keseimbangan ini tetap berlanjut bahkan setelah melepas sepatu hak tinggi. Studi tahun 2015 yang dilakukan maskapai penerbangan di Korea Selatan menemukan bahwa mengenakan heels secara rutin membuat otot pergelangan kaki melemah. Ini menyebabkan ketidakstabilan pada pergelangan kaki sehingga keseimbangan pun memburuk.

    Menurunkan Gairah Seks
    High heels memang membuat Anda tampak lebih atraktif di mata pria. Namun, mengenakan heels justru dapat menurunkan gairah seks. Hal ini diungkapkan dari hasil penelitian oleh Dr. Eden Fromberg dari SoHo OBGYN dan Naomi Wolf dalam buku Vagina: A New Biography. Mereka mengatakan, heels dapat membuat Anda lebih sulit mencapai “puncak”. Oh no! (Hana Devarianti/VP/Image: MoustacheGirl/iStock/536189985)