Better You

Ini Dia Biji-Bijian Super yang Siap Menggantikan Quinoa

  by: RedaksiCosmopolitan       20/9/2015
  • Move over quinoa and kale, karena untuk tahun 2015 tampaknya ada beberapa kandidat baru untuk menggantikan mereka menjadi superfoods terpopuler.

    New Grains on the Block
    Sejak 2013, quinoa telah mendominasi tren superfood. Namun tahun ini diprediksi ada tiga jenis lagi yang siap jadi opsi menu sehat baru: amarantha (yang telah jadi bagian dari menu suku Aztec sejak dahulu kala), teff (diolah dari biji rumput lokal yang tumbuh di Afrika bagian utara), dan kaniwa (atau yang biasa disebut juga sebagai baby quinoa). Whole Grains Council sangat merekomendasikan ketiga biji-bijian ini, dan sama seperti quinoa, mereka juga bebas gluten, vegan, dan sarat amino acids. Satu keunggulan lagi: mereka mengandung lebih banyak protein—bahkan daripada quinoa! “Mereka sangat tinggi kandungan seratnya,” ujar pakar kesehatan, Margot Micallef. “Ini akan membantu dalam melancarkan pencernaan, meregulasi kadar gula dalam darah, dan mengatasi problem berat badan.”

    The Darker the Better
    Bosan dengan suguhan nasi merah Anda? Well, tampaknya sudah waktunya untuk berganti ke nasi hitam. World Grains Council lagi-lagi jadi suporter atas superfood baru ini: black rice mengandung antioksidan (terutama anthocyanins yang ampuh menjaga kesehatan jantung) enam kali lebih banyak daripada nasi merah atau putih, dan kandungan tersebut setara dengan yang ditemukan dalam blueberry. Konon di China zaman dahulu, nasi hitam merupakan makanan yang begitu langka dan begitu sarat nutrisi sehingga hanya raja yang boleh menyantapnya. Well, we guess not anymore. “Menurut kami beras hitam memiliki keunggulan dibandingkan blueberry karena buah tersebut mengandung kadar gula yang tinggi,” ujar Zhimin Xu, Ph.D, associate professor di Louisiana State University Agricultural Center. (Sahiri Loing / SW / Image: Tinatin1 / iStock / Thinkstock)