Better You

Stop Memencet Jerawat!

  by: Silvya Winny       15/9/2015
  • Cosmo tahu terkadang tangan Anda memang sering “gatal” untuk memencet jerawat yang ada di wajah. Tapi tunggu dulu ladies, ternyata kebiasaan yang satu ini mendatangkan banyak dampak buruk lho. Apa saja? Simak!

    Iritasi Kulit Wajah

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgetown University Health Education Service, jerawat yang telah dipencet akan mengakibatkan kemerahan dan iritasi pada kulit wajah. Yes ladies, tindakan memencet hanya akan memperparah jerawat Anda.



    Radang

    Ketika jerawat Anda berdarah akibat dipencet, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit yang berujung pada munculnya pembengkakan dan darah kering.

    Infeksi

    Anda sering tidak sadar bahwa tangan yang digunakan untuk memencet jerawat masih terdapat kuman dan bakteri. Hal ini membuat bakteri masuk lebih dalam pada kulit sehingga dapat menyebabkan infeksi.



    Bekas Luka Permanen

    Memencet jerawat dapat melukai jaringan sekitar pori-pori yang tersumbat sehingga merusak kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh bagi Anda yang concern dengan penampilan wajah.

    Kematian

    Mungkin terdengar sedikit berlebihan, namun ternyata, hal ini memang benar dan dapat terjadi. Ada daerah pada bagian wajah yang disebut dengan segitiga kematian, yang berada pada area sekitar hidung, karena berisi syaraf yang penting. Apabila secara tidak sengaja Anda memencet jerawat pada lokasi ini dan terjadi pendarahan atau infeksi, maka efek buruknya bisa berujung pada kematian. (SalliSabarrang/VP/Image: dok.google)