Better You

Waspadai 5 Jenis Keputihan yang Tak Wajar

  by: Silvya Winny       19/9/2015
  • Keputihan merupakan masalah klasik pada wanita yang hampir selalu dianggap remeh. Tapi jika tak segera diatasi bisa berujung kanker serviks, bahkan kematian. Pahami lima ciri keputihan tidak wajar berikut ini ya dear.




    Infeksi Jamur

    Ini ditandai dengan cairan berwarna putih kekuningan berupa gumpalan seperti kepala susu. Miss Cheerful akan terasa panas, gatal, iritasi, membengkak, dan menyebabkan nyeri setelah buang air kecil dan saat berhubungan seksual.


    Infeksi Parasit

    Keputihan yang biasa disebut trikomoniasis ini adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Cairan yang keluar berwarna kuning kehijauan, teksturnya kental, berbau tak sedap dan berbusa. Segera periksa ke dokter jika mengalami perdarahan setelah berhubungan seksual atau di luar siklus menstruasi.


    Infeksi Bakteri

    Keputihan berwarna abu-abu, teksturnya agak encer, berbau amis tapi tidak berbusa. Bau amis akan makin menusuk setelah berhubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak normal. Keputihan seperti ini menyebabkan Miss Cheerful gatal, kemerahan, seperti terbakar, dan bengkak.




    Iritasi Bahan Kimia

    Penggunaan sabun yang berlebihan dapat menyebabkan perih serta keputihan yang tidak normal. Biasanya keluhan ini diseartai rasa gatal, terbakar, nyeri dan kemerahan pada Miss Cheerful. Untuk itu cukup gunakan air hangat dan sabun tanpa kandungan bahan kimia ketika membersihkan Miss Cheerful.


    Pertanda Kanker

    Umumnya penyebab keputihan ini adalah siklus menstruasi tidak teratur. Tapi Anda perlu mewaspadai jika mengalami keputihan berwarna coklat, terdapat bercak darah dan berbau, sebab ini bisa menjadi indikasi kanker serviks atau rahim. (Soca Massardi/VP/Image: Pixland/Pixland/78629790)


    Baca juga: 

    Semua Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Kanker Serviks

    5 Tanda Miss Cheerful Bermasalah

    Cara Menjaga Vagina Agar Tetap Bersih dan Wangi