Better You

Mengatasi Rasa Cemburu Berlebih

  by: Silvya Winny       21/9/2015
  • Teman kantor yang lebih sukses, the girls yang lebih cantik, sampai mantan si dia yang ternyata jauh lebih pintar memang terkadang bisa menimbulkan rasa jealous. Tidak salah kok untuk sesekali iri, asalkan Anda bisa mengatasi rasa iri tersebut dengan baik dan ambil nilai positifnya, seperti tip berikut ini, dear.

     

    Love Yourself



    ?Sounds cliche, tapi rasa cemburu itu memang awalnya muncul karena Anda tidak merasa percaya diri. Stop comparing yourselves with others because everyone is oh-so-special. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bisa jadi Miranda Kerr sekalipun pernah cemburu dengan orang lain, kan?

     

    Take The Positives

    Jangan berlarut dalam rasa cemburu terlalu lama, sebaliknya gunakan perasaan iri tersebut sebagai motivasi agar Anda bisa terus mengembangkan kelebihan yang dimiliki. Keep improving yourself, ladies!

     

    Lihat Dari Sudut Pandang Lain

    Bisa jadi selama ini Anda cemburu karena melihat hal tersebut dari sudut pandang diri Anda sendiri. Padahal, orang yang menjadi sumber rasa iri Anda ternyata juga pernah melewati masa-masa sulit seperti yang Anda rasakan saat ini, namun mereka bisa mengatasinya dengan baik. Lihatlah dari sudut pandangnya, lalu pelajari cara mengatasinya.

     



    It’s Useless

    Iri itu wajar, tapi jika sudah berubah menjadi obsessive hate berarti ada hal yang harus Anda perbaiki. Ingat dear, rasa jealous tidak akan mengubah apapun. It’s pointless dan hanya bisa merusak mood Anda setiap harinya. Daripada membuang energi untuk memikirkan hal yang tidak penting, lebih baik selesaikan pekerjaan di kantor dengan baik.

     

    Stop Thinking About It

    Ini adalah hal yang lebih mudah diucapkan dibandingkan dilakukan. Stop berpikir mengenai hal yang membuat Anda jealous, karena makin sering dipikirkan maka rasa iri itu akan semakin bertambah, Alihkan pikiran Anda dengan mengerjakan hal-hal lain yang lebih berguna, semisal pergi ke gym untuk menjaga kesehatan.

     

    Accept It

    Anda pasti sudah akrab dengan kutipan yang satu ini “Everything happens for reasons”. Yup, embrace yourself, dear! Percaya saja bahwa semua hal terjadi karena ada hal positif yang bisa diambil dibaliknya. No more jealousy ahead, ladies. (Alvin Yoga / VP / Dok. Outnow.ch)