Better You

6 Hal yang Terjadi Ketika Berganti Alat Kontrasepsi

  by: Silvya Winny       23/9/2015
  • Munculnya berbagai pilihan telah “menggoda” Anda untuk mengganti alat kontrasepsi yang saat ini digunakan. Sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan dulu efek berganti alat kontrasepsi pada tubuh yang diungkapkan oleh Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale School of Medicine.

     

    Kram yang Parah



    Alat kontrasepsi berupa pil KB sering kali membantu menghilangkan kram yang terjadi saat menstruasi. Berganti alat kontrasepsi dapat membuat kram Anda kambuh. Namun, hal ini biasanya akan kembali mereda setelah beberapa waktu menggunakan alat kontrasepsi yang baru.

     

    Jerawat Muncul

    Selain menghilangkan kram, pil KB juga membantu mengatasi masalah jerawat. Ini karena hormon estrogen dan progestin yang ada di pil menurunkan kadar hormon androgen yang memproduksi minyak pada pori-pori kulit. Ketika kadar androgen kembali meningkat, jerawat mungkin akan muncul pada kulit Anda.

     

    Masa Subur Kembali

    Berganti alat kontrasepsi ternyata tidak memberikan Anda masa tenggang, dear. Sesaat setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi sebelumnya masa subur pun akan segera kembali. Terlebih jika Anda tidak segera menggantinya dengan yang baru.

     



    Miss Cheerful Kering

    Yes dear, mengganti alat kontrasepsi ternyata dapat membuat Miss Cheerful kering. Ini terutama terjadi ketika Anda berganti dari metode hormon menjadi IUD. Namun jangan khawatir, dalam beberapa waktu, tubuh akan beradaptasi dan masalah “kekeringan” ini pun akan teratasi.

     

    Berat Badan Turun

    Beberapa pilihan alat kontrol kehamilan akan mengikat cairan dalam tubuh. Ketika memutuskan menggati alat kontrasepsi, cairan akan lebih mudah keluar dari tubuh. Hal tersebut bisa membuat berat badan turun hingga 4 kilogram.

     

    Gairah Seks Meningkat

    Kabar baik, ladies! Mengganti alat kontrasepsi dapat meningkatkan gairah seks Anda. Apalagi ketika memilih menggunakan alat kontrasepsi yang tidak menggunakan hormon. (Hana Devarianti/VP/Image: Concorde Filmverleih GmbH)