Better You

5 Penyebab Payudara Sering Terasa Nyeri

  by: Silvya Winny       24/9/2015
  • Payudara adalah “aset” wanita yang harus selalu diperhatikan kesehatannya. Tapi bagaimana ya jika payudara sering sakit tanpa alasan yang jelas? Hmm, bisa jadi Anda mengalami salah satu dari lima hal ini.


    Hormon Tak Seimbang
    Nyeri payudara biasanya terjadi karena perubahan hormon reproduksi dalam tubuh misalnya saat menjelang menstruasi. Pada masa ini konsentrasi estrogen dalam tubuh jauh lebih rendah daripada progesteron sehingga membuat payudara lebih besar dan lebih rentan pada nyeri.


    Mengenakan Bra Terlalu Ketat
    Jangan paksakan mengenakan bra yang tak lagi nyaman dikenakan, seperti halnya bra yang kekecilan akan membuat payudara kesulitan “bernapas” karena tak ada udara di area dada. Bila terjadi terus menerus hal ini dapat menyebabkan nyeri pada tulang sekitar payudara. Segera ganti bra atau sesuaikan ukuran tali agar tidak terlalu kencang.




    Tidak Mengenakan Sport Bra
    Jangan abaikan penggunaan sport bra meski Anda hanya berolahraga di rumah. Ketika berolahraga, payudara melakukan gerakan lebih banyak dibandingkan aktivitas lainnya. Sport bra berfungsi menopang “si kembar” dari gerakan yang dapat membuat otot sekitar payudara mengendur serta mencegah kram.




    Terlalu Sering Minum Kopi
    Kafein bisa menyebabkan payudara fibrokistik, yaitu benjolan berisi cairan yang membuat payudara tidak nyaman dan terasa sakit. Menurut Georgetown University Department of Medicine, rasa sakit ini bisa datang terus menerus atau hanya kadang-kadang. Jadi jika payudara terasa sakit, mungkin saatnya Anda mengurangi asupan kafein Anda.

    Efek Samping
    Beberapa jenis obat punya efek samping yang memengaruhi produksi estrogen di dalam tubuh dan memicu rasa nyeri di payudara. Biasakan untuk berkonsultasi pada dokter dan lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat. ( Soca Massardi / SW / Image: Outnow.ch)