Career

Berhenti Lakukan Ini Saat Belanja

  by: Silvya Winny       25/9/2015
  • Tak bisa disangkal kalau wanita itu identik dengan belanja, termasuk Anda. Sadar atau tidak, banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Seperti beberapa hal sepele ini, yang sebaiknya perlu Anda hentikan sebelum menyesal.

     

    Diskon Bukanlah Lampu Hijau Untuk Berbelanja



    ?Absolutely right. Mayoritas kaum Hawa tidak bisa melepas godaan untuk tidak berbelanja saat melihat tulisan Sale. Padahal, barang yang Anda beli pada saat diskon belum tentu menjadi prioritas Anda di bulan itu. Belum lagi kemungkinan bahwa sebetulnya Anda tidak membutuhkan barang tersebut selain hanya karena “lapar mata”. Hmmm, be careful, ladies!

    Tertarik Dengan Rewards

    Anda pasti sudah sering melihat promo seperti “Belanja Total 1juta dan Menangkan 1 Mobil Mewah”. Nah, “jebakan" rewards sebenarnya merupakan salah satu cara terbaik untuk menghabiskan uang di dalam dompet Anda. Jangan mudah tergiur dengan promo, sebaiknya gunakan uang Anda dengan bijak untuk barang-barang yang dibutuhkan saja.

    Kurangi Durasi Belanja di Supermarket



    Grocery besar memiliki jumlah produk yang jauh lebih variatif dibandingkan minimarket. Melihat produk yang beragam pasti akan membuat tangan Anda “ringan” untuk mengambil produk yang tersusun rapi di etalase. Maka dari itu, kurang durasi berbelanja di supermarket agar uang di dompet Anda tidak “mengalir deras”.

    Jangan Belanja Terburu-buru

    Berbelanja secara singkat akan membuat Anda kehabisan waktu untuk memastikan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Untuk menghindari hal tersebut, berbelanjalah di saat Anda sedang senggang. Luangkan waktu sejenak saat mengambil suatu produk, lalu pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau hanya sekadar keinginan semata.

    Tidak Membuat Daftar

    This is the most common mistake. Jika Anda tidak membuat daftar prioritas mengenai barang apa saja yang akan dibeli, maka jangan kaget jika nantinya banyak produk yang sebetulnya tidak dibutuhkan masuk ke dalam tagihan belanja Anda. Duh! (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Thinkstock Photos)