Better You

Detox dengan Bantuan Arang? Why Not!

  by: Adya Azka       26/9/2015
  • Mendengar kata “arang” pasti hal pertama yang terlintas di kepala adalah sate atau barbecue. Namun, tahukah Anda, kalau dahulu kala sumber karbon ini kerap dipakai untuk membuang racun dalam tubuh? So why not make it a part of your healthy lifestyle?
     

    How it Works: Activated charcoal (jenis yang biasa digunakan) dapat membantu menyerap racun dan toksin dalam tubuh yang kemudian dibuang via saluran pencernaan. No wonder, kalau kini banyak produk juice cleanser (seperti Raw & Juicy) mencantumkan charcoal dalam satu bahannya. Activated charcoal yang tak beraroma ini dibuat dengan memanaskannya dengan gas yang akan membuatnya melebar lalu membentuk pori-pori pada permukaannya untuk menyerap racun. Anda sendiri bisa membelinya dalam bentuk kapsul di toko obat.
     

    The Other Benefits: Selain ampuh sebagai penyerap toksin dalam situasi darurat (seperti keracunan pestisida, mercury atau overdosis obat aspirin atau morfin) activity charcoal memiliki khasiat untuk kecantikan juga lho. Sebut saja sebagai masker wajah untuk mengurangi jerawat (campurkan dengan satu sendok teh gel aloe vera atau rosewater, dan bisa juga dengan teatree oil atau sea salt) dan untuk memutihkan gigi. Dan, tentu saja, lantaran khasiat utamanya adalah sebagai pembuang racun maka Anda pun bisa mencampurkannya dalam jus untuk ritual body detox Anda. (Sahiri Loing / SW / Image: Jacob Wackerhausen / iStock / Thinkstock)