Better You

Ciptakan Sesuatu Yang Orisinal

  by: RedaksiCosmopolitan       26/9/2015
  • Satu pepatah mengatakan, there is nothing new under the sun. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan sesuatu yang baru. Sedikit tip saja: Mulaillah sesuatu dari hal-hal yang menginspirasi Anda.

    Beri Sentuhan Baru Pada Ide Lama Anda
    Yup, menurut pengarang buku Steal Like an Artist, Austin Kleon, bila kita berhenti berupaya untuk jadi orisinal maka Anda akan terlepas dari tekanan untuk menciptakan sesuatu yang “baru” dan lebih bebas mengikuti pengaruh yang kerap menginspirasi Anda. Kening Anda mungkin kini akan berkerut, but he’s got a point though. “Tiap ide baru sebenarnya adalah kombinasi atau suatu ‘remix’ akan satu atau lebih ide sebelumnya,” ujar Keon dalam buku best-seller-nya. Lantas apa saja saran Kleon untuk tidak jadi orisinal namun tetap menghasilkan sesuatu yang fresh?

    Misi Mengumpulkan Ide Baru
    Namun, perlu ditekankan, jangan jadi hoarder karena “kegiatan” yang satu ini justru lebih condong mengumpulkan ide-ide yang buruk. Sama seperti seorang kolektor sejati yang hanya mengoleksi barang-barang berkualitas tinggi, maka hal serupa juga patut Anda contoh dalam kehidupan profesional Anda. “Tugas Anda adalah untuk mengoleksi ide-ide yang bagus,” imbuh Kleon. “Kian banyak ide bagus yang Anda koleksi, maka kian banyak opsi sumber inspirasi Anda.”





    Cari Inspirasi Baru
    Pasti Anda kerap mendengar sebuah lagu yang menggunakan elemen (entah beat atau chorus) dari lagu lama, and sometimes they can sound better and...original. Bila ingin lebih fokus dalam mencari inspirasi, coba deh trik ini: ikuti satu orang idola Anda (penulis, musisi, aktor, motivator, pengusaha) lalu pelajarilah ilmu mereka dan kemudian ikuti tokoh-tokoh yang jadi inspirasi idola Anda. And, voila!, Anda kini memiliki “family tree” yang ilmunya siap untuk Anda contoh dan “adaptasi” sesuai keperluan Anda. Seperti kata penulis Marchel Duchamp, “I don’t believe in art. I believe in the artists.” Well said, sir! (Sahiri Loing / SW / Image: gpointstudio / iStock / Thinkstock)