Beauty

7 Penyebab Utama Rambut Rontok!

  by: Ainjia Phioltia Paat       30/9/2015
  • Mendapati begitu banyak helai rambut yang tersangkut di sisir memang menjengkelkan! Akar permasalahan penyebab rontoknya rambut memang bermacam-macam, tetapi berikut ini beberapa penyebab umum kerontokan yang perlu diwaspadai.


    1. Tatanan Rambut

    Ladies, mengikat rambut kencang-kencang atau mem-blow dry-nya terlalu sering tentu bisa berakibat pada kerapuhan dan berujung pada kerontokan. Mulai sekarang, biasakan mengistirahatkan rambut dari hair dryer atau aksesori setelah selesai beraktivitas ya!




    2. Diet Terlalu Ketat

    Jika Anda mengeluhkan rambut yang mudah rontok saat sedang diet ketat, hal tersebut bukanlah suatu kebetulan karena asupan seperti daging, ikan, dan telur sangat penting untuk menutrisi dan memperkuat akar rambut. Berat badan yang turun lebih dari 6 kilo selama 3-6 bulan biasanya dapat menimbulkan kerontokan rambut.


    3. Paparan Kimiawi

    Rambut yang sering diwarnai memiliki peluang kerontokan yang lebih besar, lho. Jika Anda menggemari tren cat rambut, jangan lupa merawatnya dengan memakai sampo yang mengandung pH di bawah 7 sehingga mampu menjaga kesehatan kutikula secara optimal.

     

    4. Masalah Tiroid

    Tiroid adalah kelenjar yang terdapat di bagian depan leher dan menghasilkan hormon yang mengatur banyak proses di seluruh tubuh. Jika kelenjar tersebut menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid, siklus pertumbuhan rambut dapat terganggu.

    Gejala lainnya termasuk berat badan yang naik atau turun, kulit yang sangat kering, sensitif terhadap perubahan suhu, dan perubahan denyut jantung.

     

    5. Tidak Cocok dengan Pil Kontrasepsi

    Yes dear, pil kontrasepsi Anda juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hormon yang menekan ovulasi dapat membuat pertumbuhan rambut menurun.

    Ini terutama terjadi pada Anda yang memiliki keturunan rambut rontok dalam keluarga. Namun, masalah ini biasanya akan hilang ketika Anda berhenti mengonsumsi pil.



     

    6. Stres dan Trauma Fisik

    Tidak hanya memengaruhi suasana hati, stres juga dapat membuat rambut Anda rontok. Bahkan, stres yang parah dapat menyebabkan ½ hingga ¾ kerontokan rambut. Selain stres, trauma fisik seperti, kecelakaan, operasi besar, dan demam tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan. 

    Perubahan hormon pada saat stres tak hanya dapat menurunkan kesehatan folikel rambut, namun juga menghambat pertumbuhannya

     

    7. Penyakit Lupus

    Bila kerontokan rambut sudah amat sangat mengkhawatirkan, ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit lupus. Disebabkan karena sistem kekebalan pada tubuh yang menyerang folikel rambut. Sehingga, rambut menjadi rapuh, tipis, dan mudah rontok

     

    Baca juga:

    Mengatasi rambut rontok secara alami

    5 Tonik Andalan untuk Menebalkan Rambut

    6 Cara Sederhana Mengatasi Rambut Rontok

    Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami

     


    (Melur Pinilih: Hana Devarianti /AP/Image: Depositphotos)