Career

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencari Kerja

  by: Silvya Winny       30/9/2015
  • Mencari pekerjaan memang melelahkan dan membuat stres. Mungkin Anda sudah mencapai tahap putus asa, tapi sebisa mungkin hindari melakukan lima hal ini saat mencari kerja ya.

    Asal Menerima Tawaran Teman
    Salah satu teman mungkin berniat membantu Anda untuk mencarikan pekerjaan jika ada lowongan di kantornya. Sebelum menerimanya, tanyakan apa pekerjaan itu cocok dan minta dia beri gambaran agar Anda bisa menulis surat lamaran sesuai dengan posisi tersebut.

    Menitip Surat Lamaran
    Jangan mengandalkan keluarga atau teman untuk menitipkan surat lamaran kerja Anda. Mungkin Anda mengira cara ini bisa lebih personal dan menjamin surat lamaran akan dibaca. Ini bisa jadi cara terbaik jika kerabat Anda punya hubungan erat dengan hiring manager, namun jika tidak, hal ini akan sia-sia. Akan lebih baik jika Anda mencoba untuk mengirimnya sendiri saja.



    Jangan Asal Menyebar CV
    Saat menghadiri job fair, jangan kalap menyebar CV. Beberapa hari sebelumnya, coba riset perusahaan apa yang ada di sana dan buat surat lamaran untuk posisi yang diincar. Jangan sampai saat dipanggil wawancara, Anda tidak tahu apapun soal perusahaan, gambaran mengenai pekerjaan yang dilamar, atau bahkan lupa pernah menaruh CV di sana.



    Tidak Riset Perusahaan
    Sudah desperate ingin bekerja atau pindah ke tempat baru? Jangan langsung tergiur saat membaca deskripsi pekerjaan, fasilitas atau gaji yang tertera di situs lowongan kerja online. Tetap hati-hati dan cari tahu apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik.

    Melebihkan Isi CV
    Jangan berpikir menulis isi CV berlebihan akan membuat Anda terlihat lebih “menjual”. Hal ini sama saja dengan membohongi diri sendiri sebab itu bukan diri Anda. Tulis apa adanya kemampuan yang Anda kuasai. Lagipula, berbohong memang tidak akan memberikan Anda keuntungan apapun, dan jika ketahuan malah akan merugikan. (Soca Massardi/VP/Image: doc. Brand X Pictures/Stockbyte/Thinkstock)