Beauty

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Cystic Acne!

  by: Arinda Christy       10/9/2016
  • Cystic acne merupakan salah satu jenis jerawat dengan peradangan hebat yang berkumpul sehingga memiliki ukuran cukup besar. Jerawat semacam ini diakibatkan oleh infeksi bakteri yang menyebar di kulit bagian dalam dan berpotensi menimbulkan bekas apabila tidak ditangani secara benar. Faktor keturunan juga berpengaruh besar pada kemunculan cystic acne, lho. Jadi apabila salah satu dari orangtua Anda menderita jerawat dengan tipe tersebut, jangan heran apabila Anda mengalami hal yang sama. Pada wanita, jerawat ini kerap muncul pada area pipi, dagu, ataupun hidung. 

    Obat generik yang biasanya ampuh untuk jerawat kecil biasanya kurang mempan untuk menyembuhkan cystic acne. Para ahli dermatologi pada umumnya akan menganjurkan Anda mengonsumsi obat minum seperti Accutane atau antibiotik semacam Clindamycin dengan tujuan mengontrol bakteri penyebab jerawat serta meredakan pembengkakan. Selain itu, krim dengan kandungan retinoid juga dipercaya mampu membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang juga merupakan biang jerawat.

    Agar cystic acne tidak semakin menjadi, upayakan agar jerawat tidak tersentuh apalagi dipencet tanpa konsultasi lebih jauh dengan dokter. Di samping itu, hindari stress berlebih karena dikhawatirkan akan berdampak pada pelepasan hormon yang bisa menyebabkan gejalanya bertambah parah.



    Last but not least, jalani gaya hidup sehat. Perbanyak istirahat dan juga berolahraga agar tubuh (dan kulit) senantiasa sehat. Adapun beberapa riset juga menunjukkan adanya hubungan antara diet rendah gula dengan membaiknya kondisi jerawat.

     

    (Melur Pinilih/AC/ Foto: g-stockstudio/ShutterStock/ClickPhotos)

    BACA JUGA:

    Merawat Wajah Berdasarkan Periode Menstrual



    Trik Mengatasi Adult Acne

    5 Obat Jerawat Paling Ampuh Versi Cosmo

    Acne, Please Stay Away!

    7 Kesalahan Atasi Jerawat

    Lakukan Facial Ini untuk Kulit Bebas Jerawat!