Better You

Manfaat Berbagai Macam Teh Bagi Kesehatan

  by: Kezia Calesta       6/7/2017
  • Salah satu cara yang paling mudah untuk meningkatkan kesehatan Anda adalah dengan minum teh. Setiap jenis teh memiliki kebaikan masing-masing, lho – sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Simak manfaat berbagai macam teh ini bagi kesehatan tubuh.



     

    Black Tea

    Teh hitam adalah varian paling umum yang memakan 75 persen konsumsi teh global. Dengan rasa yang sedikit pahit, teh hitam mengandung kadar kafein tertinggi – yaitu 40 miligram per cangkir (secangkir kopi memiliki 50-100 miligram kafein). Dengan berbagai antioksidan yang berkonsentrasi tinggi, teh hitam dapat menurunkan kolestrol dan mencegah diabetes. Minumlah 3 cangkir teh hitam setiap hari untuk menurunkan risiko stroke sebanyak 20 persen.

     

    [ BACA JUGA: 7 Produk Mengandung Teh Terbaik  ]

     

    Green Tea

    Satu cangkir berisikan 150 ml teh hijau mengandung 25 miligram kafein dan membakar 30 kalori, lho. Keuntungan lainnya? Meningkatkan imunitas, metabolisme, pembakaran lemak dan kesehatan gigi, dan menurunkan risiko kanker, sakit jantung, diabetes, peradangan, bahkan Alzheimer's. Wow!

     

    [ BACA JUGA:  Seberapa Jauh Anda Kenal Kopi? ]

     

    Oolong Tea

    Teh oolong cocok bagi Anda yang mau menurunkan berat badan karena ia mengaktifkan enzim yang dapat melarutkan trigliserida, sejenis lemak yang tersimpan di dalam darah. Sebuah studi membuktikan bahwa perempuan yang meminum oolong tea membakar lebih banyak kalori dalam dua jam dibanding mereka yang hanya minum air putih. Teh tersebut juga sanggup menyehatkan kulit, rambut, tulang, dan jantung.



     

    Chamomile Tea

    Bunga kamomil sudah dipercaya selama berabad-abad untuk meredakan sakit perut atau susah tidur, dan dipakai oleh orang Yunani dan Mesir untuk menyembuhkan berbagai macam luka. Selain mengatasi sakit haid dan meredakan pilek, kamomil pun dapat membersihkan iritasi kulit, alergi dan jerawat, lho.

     

    Peppermint Tea

    Teh yang terbuat oleh daun mint ini pastinya bisa menghilangkan bau mulut, juga menenangkan tubuh dan pikiran karena tidak mengandung kafein. Sifat anti-bakteri pepermin melindungi tubuh Anda dari penyakit dan mengatasi demam, kembung, termasuk konstipasi.

     

    [ BACA JUGA: Cara Memesan Kopi Atau Teh Seperti Orang Lokal di Singapura ]

     

    Chai Tea

    Teh yang rasanya pedas dan tajam ini terbuat dari banyak herba yang dipakai untuk penyembuhan sistem kekebalan tubuh dan PMS. Jika teh hijau diibaratkan seperti Captain America, chai tea mempunyai kekuatan seluruh tim Avengers – dengan kandungan teh hitam yang menurunkan stres; jahe yang memperbaiki kolestrol dan mencegah kanker; cengkeh yang meringkankan rasa sakit dan gangguan pencernaan; dan kapulaga, lada hitam dan kayu manis yang menurunkan gula darah dan hipertensi.

     

    Tip Cosmo:

    Khasiat teh akan menjadi sia-sia jika ditambah gula. Say no to unnecessary sugar! (Kezia Calesta / VP / Image: doc. Valentina_G / Shutterstock / Clickphotos)