Better You

30 Barang Yang Wajib Anda Miliki Saat Umur 30 Tahun

  by: Silvya Winny       15/9/2016
  • Di usia matang ini, pekerjaan Anda tentu sudah stabil. Relationship dan kondisi keuangan pun (harusnya) sama. Dan Cosmo sangat mengerti hari-hari menyambut usia 3-0, memang dunia jadi terasa lebih lambat dan mellow. Tapi begitu Anda melihat apa yang sudah Anda capai di usia yang kata banyak orang “life really begins” ini, hidup tentu jadi terasa lebih ringan. Right? Coba cek berapa banyak yang sudah Anda miliki untuk menghibur diri!

    1. Tas Bermerek
    Oke, quilted bag Chanel mungkin masih di luar jangkauan, tapi pastikan Anda menyisihkan tabungan untuk membeli sebuah tas dengan kualitas yang baik – beberapa brand seperti Michael Kors, Tory Burch, Coach, Kate Spade, Longchamp, Kenzo, Marc by Marc Jacobs, See by Chloe, hingga beberapa brand lokal juga punya kualitas yang baik. Simpan dalam dust bag agar tas Anda bertahan lebih lama dari yang Anda pikir.



    2. Kasur Yang Nyaman
    Ya, bukan kasur yang Anda beli di sebuah hipermarket, atau yang Anda “tampung” dari rumah orang lain. Anda butuh mencoba banyak kasur sebelum memutuskan membeli yang mana, tapi Cosmo yakin Anda tak akan menyesal. Oh and while you’re at it, get some good pillows and 1000 thread-count sheets!

    3. Karya Seni Original
    Jika Anda tidak punya waktu, coba minta sebuah karya seni sebagai hadiah ulang tahun ke-30 Anda. Pasti orangtua akan merasa bangga karena menyadari Anda akhirnya berhenti meminta hadiah yang mereka anggap kekanakan – tiket ke festival musik yang berujung Anda pulang dalam keadaan mabuk, atau sepatu boots dengan fake fur yang Anda minta tahun kemarin?

    4.Investasi
    Jika memungkinkan, sebuah rumah atau apartemen. Baik Anda sudah menetap di rumah tersebut, atau tidak, ini merupakan investasi besar untuk masa depan Anda. Tentu saja, untuk beberapa orang investasi bisa berupa bisnis atau aset, yang pasti bagaimana menjaga aset ini sudah harus mengambil porsi besar di otak Anda – menggantikan posisi tequila shots dan glitter eyeshadow.

    5.Asuransi
    Seharusnya saat ini Anda sudah menyadari bahwa saat Anda berumur 30 tahun dan tidak memiliki asuransi kesehatan, artinya Anda dalam masalah. Dan tergantung situasi Anda, tapi asuransi yang masuk akal seperti asuransi mobil, rumah, hingga asuransi pendapatan bisa Anda pertimbangkan. Satu lagi, asuransi travel tiap kali Anda bepergian ke luar negeri.

    6.Beberapa Jenis Sepatu Berikut...
    Satu pasang high heels, boots, flats, sandals, dan white trainers. Semua dari bahan kulit, dan disimpan pada kotak aslinya. Anda boleh punya 101 pasang alas kaki jika Anda ingin, tapi pastikan saja beberapa jenis sepatu tadi termasuk di dalamnya. And voila, your shoe-drobe is sorted.

     

    7. Satu Set Perkakas
    Karena sudah saatnya Anda bisa memperbaiki beberapa “kerusakan” kecil yang sering terjadi di sekitar Anda. Ingat, kita semua wanita independen yang bisa melakukan berbagai hal.

    8. An Emergency Fund
    Hanya masalah waktu sampai Anda butuh uang untuk membayar dokter gigi akibat root canal, biaya mobil masuk bengkel, hingga legal fees yang tidak Anda perkirakan. Beberapa hal ini akan 375 kali lebih menakutkan saat Anda tidak punya uang untuk membayarnya. Serta 287 kali lebih memalukan bila harus meminta uang pada orangtua Anda. 

    9. Olahraga Favorit
    Baik itu membership di sebuah gym, kelas yoga regular, atau naik sepeda ke pasar setiap akhir pekan, saat ini Anda sudah harus tahu olahraga seperti apa yang Anda nikmati dan secara realistis sesuai dengan jadwal Anda. No, shopping does not count and yes, sex totally does.

    10. Alat Masak Yang Pantas
    Termasuk perlengkapan makan, oh, dan gelas wine.

    11. Paspor
    Travel is the only thing you can buy that makes you richer. Dan waktu terbaik melakukannya ialah sebelum Anda punya anak, atau setelah anak-anak Anda besar dan tinggal sendiri. Artinya, saat ini Anda sedang berada di twenties prime travel time. Penuh antusias, dan belum ada keluhan radang sendi.

    12. Cerita Yang Super Seru
    Karena Anda perlu melakukan berbagai hal “gila” di usia 20an, saat Anda masih bisa melakukannya. Ini akan menjadi cerita yang akan Anda bagikan setelah makan malam saat Anda berumur 40an, 50an, dan seterusnya.

    13.Mantan Yang Bisa Anda Rekomendasikan Pada Orang Lain
    Oke, biasanya lebih mudah menemukan mantan kekasih yang masuk kategori douchebag, tapi semoga Anda juga punya seseorang yang – mungkin tidak sesuai dengan Anda – tapi merupakan pria yang baik.

    14.Minuman Favorit
    Mulai dari yang old-fashioned, gin and tonic, lychee martini, atau pinot noir. Tapi Anda selalu punya minuman yang Anda pesan karenan memang Anda menyukainya. Bukan karena minuman tersebut adalah flavor of the month, bukan karena dibilang spesial, dan pastikan bukan karena teman-teman Anda memesan minuman yang sama.

    15.Penasihat Keuangan
    It sounds grown-up, because, well, it is. Ini juga sangat berguna dan tidak semahal yang Anda bayangkan. Coba cari penasihat keuangan lokal di kota Anda, atau beberapa website dengan kredibilitas tinggi.

    16. A Go-To Lipstik
    Satu lipstik yang akan selalu Anda bawa, dan jadi penolong saat ada meeting dadakan, atau papasan dengan mantan gebetan. Anda pasti sudah mencoba ratusan lipstik dan warna selama ini, jadi sudah saatnya Anda tahu warna lipstik yang bikin Anda secara instan berubah dari “terlihat letih” ke “baru saja berlibur”.



    17.Filing System Yang Baik
    Tidak termasuk boks di bawah tempat tidur tempat Anda menyimpan lembaran tagihan Anda ya. Coba gunakan Excel spreadsheet agar laporan Anda rapi, atau seorang akuntan, mungkin?

    18. Profil Linkedin
    Meski saat ini Anda masih berstatus pelajar, atau pekerja magang di sebuah restoran, Anda tentu mau punya online resume yang menarik. Linkedin bukan hanya sekadar online resume, tapi bisa menjadi karier dan networking wish list yang menunggu untuk kesampaian. Jangan takut untuk menambahkan profil orang yang ingin Anda ajak bekerjasama nantinya.

    19. Pengetahuan Bahwa Anda Tidak Bisa Mengubah Panjang Kaki Anda, Lebar Pinggul Anda, atau Ukuran Kaki Anda. 

    Artinya Anda sudah harus berhenti mengeluhkan berbagai hal kecil ini dan mulai jadi orang yang lebih menyenangkan bagi orang di sekitar Anda. You know, complaining is sucks!

    20. A Savings Account
    Jangan tertukar dengan di nomor 8 – emergency fund. Karena tabungan yang ini ditujukan untuk liburan atau hal menyenangkan lainnya. Nah, bagaimana bila Anda menamakannya “The H Fund”, sebagai pengingat bahwa tujuan tabungan ini ialah: Happiness. Dengan begini Anda juga jadi tidak berat hati untuk menyisihkan uang Anda.

    21. Sahabat Yang Bikin Anda Tertawa Sampai Sakit Perut
    Tidak perlu banyak. Satu juga sudah cukup. Yang pasti Anda bisa jadi diri sendiri di hadapan mereka. Dan tertawa semaksimal mungkin.

    22. Kartu Nama
    Apapun jenis pekerjaan Anda – baik itu freelancer – Anda harus punya kartu nama. Tidak bisa desain sendiri? Cari saja template yang sesuai dengan profil Anda secara online. Cek website Zazzle atau Vistaprint. Cosmo jamin, ini akan memudahkan hidup Anda.

    23.Destinasi Impian
    Tidak ada yang tidak mungkin. Jadi jangan batasi destinasi liburan Anda. Bila di umur 20an fokus Anda ialah bepergian ke banyak tempat, saatnya ganti jadi traveling berkualitas. So, Aurora Borealis, here I come!

    24.Dokter Pribadi
    Bukan bertemu dengan dokter yang berbeda tiap kali Anda berurusan dengan keadaan medis. Yang Cosmo maksud ialah seorang dokter yang sudah mengenal Anda, tahu nama Anda, dan riwayat kesehatan Anda. Bahkan suatu hari bisa jadi dokter tersebut tahu nama anak-anak Anda.

    25.Sex Toy
    Satu yang sangat Anda sukai. Yes, we hope you have one of these in your life by now.

     

    26.Laptop
    Tidak, ponsel Anda tidak termasuk kategori komputer mini. Anda butuh satu yang real, laptop dengan keyboard.

    27.Decent Underwear
    Penting: Buang semua underwear Anda yang bolong (really?) atau bermotif karakter Disney, dan ganti dengan apapun yang terbuat dari katun atau lace berkualitas. Selain itu, saat ini sebaiknya Anda sudah punya t-shirt bra, strapless bra, plunge bra, dan sexy-times bra.

    28. Wasiat
    Bukan punya kehendak untuk tidak mengonsumsi tiga donut sekaligus – we mean a legal will. Mungkin Anda pikir karena tidak punya properti jadi tidak perlu. Tapi setelah bertahun-tahun kerja, idealnya keadaan finansial Anda sudah lebih serius jadi perlu Anda kelola dengan serius pula. #bosslady

    29.Opini Terhadap Siapa Yang Anda Pilih
    Mengikuti kegiatan eleksi hanya dengan secara random memilih orang atau partai tertentu – hanya karena kewajiban, atau tuntutan sosial – sudah tidak boleh Anda lakukan. Sebaliknya, mulai cari tahu partai dan profil orang yang ingin Anda pilih, mana yang sesuai dengan prinsip dan pandangan hidup Anda.

    30.Item Fashion Berikut...
    Kita mulai dari atas ke bawah: Trench-coat classic, crisp white shirt, LBD, jam tangan berkualitas, dan well-fitting jeans. Kenakan ini untuk tampil seperti Audrey Hepburn. Atau Kate Middleton. (Filisya Thunggawan / Silvya WInny / SW / Image: Diana Indiana / Shutterstock / Click Photos, dok. Ikea, dok. Marc by Marc Jacobs, dok. Instagram Nikewomen)

    Baca Juga: