Better You

Tips Mengelola Deadline Dengan Baik

  by: Silvya Winny       29/9/2016
  • Kalau tak pintar atur waktu, Anda bisa berakhir dimarahi bos karena telat deadline, dimusuhi the girls karena selalu cancel janji, dan parahnya, diputuskan si dia. Baca artikel ini agar tak satupun dari hal tersebut terjadi pada Anda.

    Sama halnya dengan Anda, Cosmo juga punya deadline kerja yang sangat, sangat ketat setiap bulan. Hampir semua di redaksi pernah mengorbankan jadwal kencan dengan kekasih untuk bisa “berkencan” dengan tumpukan artikel yang harus segera diselesaikan (thanks to our boyfriends yang sangat pengertian, tentu saja). Namun, tak benar rasanya kalau terus-menerus mengandalkan kesabaran kekasih, sikap lunak si Bos yang memberi kompromi dengan tenggat deadline, serta kenyataan kalau the girls tidak pernah keberatan apabila Anda datang terlambat setiap kali membuat janji. Anda boleh saja memberi excuse sesekali, tapi jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan.

    Like any other, time is a resource. Cosmo setuju kalau kalimat ini memang sangat mudah diucapkan, atau “dijanjikan”. Tapi pada prakteknya, Anda setengah mati menjalaninya kan? Dan, kalau bukan berkat bantuan organizer hingga reminder di smart-phone, entah berapa agenda yang mesti Anda lewatkan hanya karena ANDA KURANG CERDIK MENGATUR WAKTU. Dalam arti lain, ingatan Anda akan rutinitas sangatlah bergantung pada beberapa perangkat elektronik.



    Tunggu dulu. Cosmo tak akan menyarankan Anda untuk segera memesan dan memanfaatkan jasa manager sekarang. Artikel ini sengaja dibuat untuk memanfaatkan aset utama Anda (yang bernama, waktu) menuju kebiasaan baru yang akan membuat hidup Anda lebih efektif. Yang mungkin belum Anda sadari adalah, ketika Anda mampu mengatur waktu dengan baik, maka Anda bisa menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal di luar sana yang menggiring Anda menuju better life, and happiness! Lewat artikel ini, dengan senang hati Cosmo akan tunjukkan caranya untuk Anda.

    Level 1: Tetapkan Prioritas!
    Mengingat hampir lebih dari setengah hari Anda habiskan di balik kubikal kantor dan jatah bersenang-senang saat akhir pekan pun tak jarang terenggut untuk bekerja. Abbie Allen, seorang manajer personal terpandang di Australia, ingin menolong Anda agar bisa rehat sejenak dari pekerjaan yang menyita pikiran serta mengembalikan Anda pada kehidupan sosial yang dikorbankan. Caranya adalah dengan menuliskan paling sedikit lima hal yang menjadi prioritas Anda di setiap minggunya. Dengan begitu Anda semakin mudah menentukan hal-hal yang penting dengan hal lain yang (juga) TAK kalah penting.

    Level 2: Menilik Kembali
    Kalau Anda bisa merinci kembali pengeluaran Anda setiap bulannya, maka Anda pun bisa menerapkan hal ini pada waktu Anda. Lihat kembali setiap detail kegiatan yang Anda lakukan selama satu minggu penuh untuk meneliti seberapa disiplin Anda menjalankan apa yang menjadi prioritas. Gampangnya, buatlah daftar mulai dari berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengecek inbox email setiap pagi, waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan daily report hingga agenda quickie sex sekalipun. Mulai dari hal inilah Anda jadi menemukan fakta baru soal kegiatan yang paling banyak menyita waktu dan semakin peduli untuk menghargai waktu.

    Level 3: Get Visual
    Cosmo tak meminta Anda untuk tak lagi memanfaatkan jasa buku agenda ataupun reminder di ponsel. Anda tetap butuh itu. Hanya saja, Anda perlu pintar-pintar mengaturnya supaya sadar dan memperhatikan apa saja yang telat 'diingat' oleh benda-benda itu. Beri highlight dengan warna mencolok pada kalendar Anda, seperti warna hijau terang yang menandakan jam kerja Anda setiap hari, warna merah untuk jatah mengunjungi gym dan salon, serta biru terang sebagai penanda atas imbalan bekerja sehari penuh serta waktunya untuk pergi bersenang-senang. Warna-warna inilah yang bertugas memberi Anda bayangan soal perhitungan waktu, sehingga janji-janji yang Anda buat pun bisa lebih terencana. Tak ada lagi deh yang namanya tebar janji lalu membatalkannya sesuka hati.



    Penulis: Silvya Winny (Image:  / Shutterstock / Click Photos)

    Baca Juga: