Beauty

Riasan Untuk Menonjolkan 5 Bentuk Mata Berbeda

  by: Silvya Winny       16/9/2016
  • Ladies, pernah iseng mencoba riasan mata ala Adele ataupun Jennifer Lopez, namun ternyata tidak sebagus yang dibayangkan? Well, mungkin itu karena bentuk mata Anda yang berbeda. Ya, bentuk mata memainkan peran penting lho dalam menentukan riasan mana yang cocok untuk Anda. Nah, sebelum memutuskan makeup apa yang ingin diaplikasikan akhir pekan ini, pelajari dulu yuk bentuk mata apa yang Anda miliki. Setelahnya, simak rahasia riasan mata yang sempurna dari Cosmo!

     

    MONOLID



    Mata Anda tidak memiliki lipatan? Tulang mata Anda tidak terlihat jelas? Atau dengan kata lain, terlihat kecil dan sipit? Jika jawabannya adalah iya untuk ketiga pertanyaan tersebut, maka mata Anda termasuk ke dalam bentuk Monolid. Oleh karena bentuknya yang flat, berikan dimensi dan definisi pada mata Anda dengan tip riasan berikut.

    Eyeshadow :

    Mainkan gradasi warna eyeshadow dari terang di bagian dalam hingga gelap dari tengah ke luar, ini penting untuk memberikan ilusi seolah-olah mata lebih “dalam”.

    Eyeliner:

    Pakai liquid eyeliner dan buat lebih tebal di bagian tengah mata. Lalu berikan wing di bagian ujung agar terlihat hidup.

    Mascara:

    Seperti mengenakan eyeliner, pakai maskara lebih tebal di bagian tengah mata. Jangan lupa jepit dulu sebelumnya agar bulu mata terlihat “mengangkat”.

     

    HOODED

    Bentuk mata ini memperlihatkan kulit yang “berlebih” dan jatuh di bawah tulang mata, sehingga membuat kelopak mata terlihat lebih kecil. Efeknya mata Anda seperti mengantuk atau lebih galak. Kuncinya, makeup mata harus lebih mengangkat dan membuka mata Anda.

    Eyeshadow :

    Mengenakan eyeshadow untuk mata hooded sedikit tricky, karena lebih mudah untuk tercoreng atau terbaur. Jadi penting untuk mengenakan eye primer sebelum memulai. Buat lipatan lebih terlihat dengan mengenakan eyeshadow terang terlebih dahulu di bagian kelopak. Lalu beri garis dengan eyeshadow gelap di bagian lipatan dan baurkan hingga mendekati tulang alis. 

    Eyeliner:

    Coba kenakan eyeliner putih di bagian garis bulu mata bawah, agar mata terlihat lebih besar. Lalu aplikasikan cat eye dengan eyeliner hitam yang waterproof. Caranya, tarik bagian mata keluar agar lebih mudah mengaplikasikan bagian ujung.

    Mascara:

    Penting untuk membuat bulu mata terlihat sangat lentik. Anda bisa menggunakan bulu mata palsu, namun cara lebih praktis, pilih maskara waterproof yang memanjangkan. Aplikasikan maskara dengan sedikit digoyangkan agar lebih terbuka.

     

    DOWNTURNED

    Tarik garis lurus dari bagian ujung dalam mata, apakah bagian ujungnya jatuh dibawahnya? Jika ya, maka mata Anda adalah Downturned.

    Eyeshadow :

    Kenakan eyeshadow berwarna muda dari bagian ujung dalam hingga tengah. Lalu beri warna lebih gelap dari tengah hingga ujung mata, baurkan.

    Eyeliner:



    Cat eye is perfect for downturned! Namun, kenakan eyeliner dari bagian pertengahan mata hingga ujung saja. Jadi mata tidak terlalu terdefinisi dan terlihat turun.

    Mascara:

    Fokuskan maskara dari bagian pertengahan dan ujung saja, agar bagian ujung mata terlihat lebih mengangkat.

     

    UPTURNED

    Bentuk mata ini merupakan keterbalikan dari downturned, yaitu bagian ujung luar yang lebih tinggi dari bagian ujung dalam. Bentuk nya seperti almond, dan kunci makeup adalah proporsi yang tepat!

    Eyeshadow :

    Mudah untuk mengaplikasikan riasan pada mata ini. Namun, Cosmo sarankan mengenakan eyeshadow juga di bagian bawah ujung luar mata, agar terlihat proporsional dengan bagian ujung dalam.

    Eyeliner:

    Seperti juga eyeshadow, kenakan eyeliner di bagian bawah luar mata, dan tak perlu mengaplikasikan cat eye.

    Mascara:

    Fokus di seluruh bagian bulu mata, dan jangan lupakan bagian ujung dalam serta bagian bawah, ya!

     

    ROUND

    Seperti namanya, jenis mata ini memiliki bentuk bulat dan pupil yang terlihat hampir sepenuhnya. Karena lebar dan panjang mata yang hampir sama, coba untuk membuat ilusi mata lebih panjang.

    Eyeshadow :

    Pulaskan eyeshadow berwarna terang di bagian kelopak mata. Lalu aplikasikan eyeliner lebih gelap hanya di bagian crease atau lipatan kelopak hingga bagian luar dekat tulang alis.

    Eyeliner:

    Fokus di bagian luar mata. Anda boleh menggunakan eyeliner dengan bentuk wing, namun jangan pulaskan terlalu tebal di bagian tengah.

    Mascara:

    Aplikasikan maskara lebih tebal di bagian luar mata agar memberikan efek mata lebih panjang.

     

     

    (Nina Natasya / AP / Dok. Antonello Trio/IMAXTREE.com)