Better You

Efek Buruk Smartphone Bagi Kesehatan

  by: Silvya Winny       19/9/2016
  • Jika ditanya tentang benda yang paling penting, sebagian besar dari Anda mungkin akan menjawab smartphone. Padahal tanpa disadari, benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari memiliki berbagai efek buruk bagi kesehatan. Yup, smartphone ternyata dapat menimbulkan penyakit seperti yang ada di bawah ini.

     

    Nomophobia



    Kecanduan dengan smartphone kini sudah menjadi hal yang serius. Bahkan, hal tersebut sudah memiliki nama yaitu nomophobia atau no-mobile-phone-phobia. Bukan hanya sulit melepaskan diri dari smartphone, rasa stres juga dapat muncul karena tidak dapat menjawab telpon atau SMS hingga memeriksa media sosial.

     

    Tumpukan Kuman

    Smartphone tidak menutup kemungkinan menjadi sumber dari virus yang kerap menyerang Anda. Sebuah penelitian di University of Arizona menemukan bahwa kuman yang ditemukan pada smartphone sepuluh kali lebih banyak dibandingkan di kamar mandi!

     

    Mengganggu Konsentrasi



    Sudah tidak diragukan lagi kalau smartphone menganggu konsentrasi Anda. Hal yang lebih berbahaya, benda tersebut dapat membuat Anda terluka. Para peneliti dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa mendengarkan seseorang bicara akan memperlambat aktivitas otak sebanyak 37%. Sedangkan, menurut University of Washington, ber-SMS sambil berjalan kaki dapat membuat seseorang empat kali lebih berpotensi untuk mengabaikan lampu atau lupa untuk melihat kedua cara sebelum menyeberang.

     

    Sulit Tidur

    Kini, sudah lumrah rasanya untuk memeriksa smartphone tepat sebelum tidur. Padahal, cahaya dari smartphone dapat membuat Anda sulit tidur. Hmmm, belum lagi waktu yang dihabiskan untuk memeriksa Instagram para selebriti. Tidak heran jika waktu tidur Anda berkurang.

     

    (Hana Devarianti/VP/Image: Pathé Films AG, GIPHY.com)