Lifestyle

Hiii... 5 Tempat Umum Ini Ternyata Penuh Bakteri!

  by: Sky Drupadi       2/9/2017
  • Berangkat dari rumah sehat dan bugar, tapi ketika pulang... tiba-tiba Anda dilanda flu. Dari mana ya virus itu datang? Sorry to say, ladies, tapi ada banyak lokasi dan benda umum ternyata penuh dengan bakteri dan virus. Biasanya, tangan Anda aktif menyentuh berbagai macam hal, lalu tanpa sadar Anda memegang wajah atau bibir. Cosmo akan berikan tip agar Anda lebih waspada dengan benda umum di sekitar!

     

    Lift



    Ratusan, bahkan ribuan orang menggunakan telah menggunakan lift yang Anda tumpangi di gedung kantor atau mall. Walaupun Anda hanya membutuhkan ujung jari telunjuk untuk menekannya, jangan anggap remeh bakteri yang menempel dari sentuhan singkat tersebut. Apalagi jika Anda langsung menyentuh mata atau wajah.

    Don't panic! Melainkan menggunakan jari untuk menekan tombol, coba gunakan siku tangan. Jika menggunakan pakaian lengan panjang, Anda bisa melindungi jari dengan lengan baju terlebih dahulu.

     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan ]

     

    Toilet Umum

    Pasti tidak kaget kan? Memang benar, toilet umum merupakan rumah untuk berbagai macam bakteri. Tapi menahan pipis hanya karena Anda “jijik” dengan toilet tersebut juga tidak sehat, dear. Cosmo punya solusinya.

    Don't panic! Jika toilet tersebut menyediakan disinfektan, jangan malas untuk menggunakannya terlebih dahulu. Lalu, gunakan tisu bersih untuk membuka, menutup pintu, serta menyalakan keran air untuk mencuci tangan. Orang lain mungkin akan menatap Anda dengan aneh, tapi hey... Setidaknya Anda terhindar dari bakteri.

     

    Restoran

    Pelayan restoran membersihkan piring, gelas, dan meja Anda. Tapi apa Anda pernah melihat mereka membersihkan menu makanan? Umm, don't think so. Sudah ada berapa orang yang membaca menu itu sejak restoran tersebut dibuka? Tidak ada yang tahu....



    Don't Panic! Baca menu dan pilihlah makanan favorit Anda seperti biasa. Tapi, jangan sampai buku tersebut menyentuh piring atau peralatan makan Anda. And of course, cuci tangan sebelum dan setelah menyantap makanan.

     

    [ BACA JUGA: 5 Cara Efektif Jaga Handphone Tetap Bersih ]

     

    Troli Supermarket

    Di tahun 2007, University of Arizona melakukan penelitan dan menemukan bahwa dua dari tiga gagang troli diselimuti dengan bakteri. Bahkan, jumlahnya melebihi toilet umum! Oh no... Bagaimana biar nyaman berbelanja di supermarket?

    Don't Panic! Lap gagang troli dengan tisu basah yang mengandung alkohol sebelum pergi berbelanja. Ada yang menawarkan makanan free sample? Sebaiknya di skip saja deh! Bayangkan, kuman dari gagang troli transfer ke makanan lalu ke mulut Anda. Hiii....

     

    Ruang Tunggu Dokter

    Mungkin Anda pikir rumah sakit merupakan tempat untuk menyembuhkan penyakit. Tapi ruang tunggunya dipenuhi dengan pasien yang sakit. Anda tidak mau kan tertular penyakit lain saat sedang mengantre di dokter?

    Don't panic! Melainkan membaca majalah yang disediakan di runag tunggu, bawa salinan milik Anda sendiri, misalnya majalah Cosmopolitan yang baru terbit. Selain itu, berikan jarak antara Anda dan orang lain. Terdengar kejam, tapi ini demi kebaikan semua. Jangan sampai penyakit Anda pun tertular pada orang lain! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Shutterstock / Clickphotos)