Beauty

5 Kesalahan Mencukur yang Perlu Anda Hindari

  by: Silvya Winny       2/9/2017
  • Jangan halangi kesempatan bagi kulit Anda untuk terlihat lembut dan mengilat. Ya, kulit punya kesempatan ini. Banyak wanita yang menyepelekan urusan shaving karena toh bulu juga akan tumbuh lagi. No, darling! Kalau begitu, jangan ulangi kesalahan ini saat mencukur lagi.

     

    Kesalahan #1: Mencukur bulu sebelum mandi
    Mencukur pada saat berendam di bathtub atau setelah 10 menit berada di dalam shower akan sangat memudahkan proses mencukur karena kondisi bulu yang sudah melunak serta terbukanya folikel rambut.



     

    Kesalahan #2: Mencukur ke atas, lalu ke bawah
    Mencukur yang benar adalah menghadap ke arah bawah – atau perhatikan saja, ke mana arah bulu Anda tumbuh. Jika ingin meraih bagian yang sulit diraih, cukur dengan arah yang berlawanan. Tidak perlu terburu-buru karena gerakan yang pelan akan justru membuat hasil cukur halus dan merata. Satu hal lagi, jika Anda punya kulit sensitif, jangan pernah (sama sekali) mencukur dari arah berlawanan.

     

    [ BACA JUGA: 5 Tips Agar Hasil Cukur Bisa Tahan Lama ]

     

    Kesalahan #3: Mencukur dalam keadaan kering
    Selalu gunakan shaving foam supaya pisau cukur Anda dapat meluncur di atas kulit lebih maksimal, dan terpenting terhindari dari bahaya tergores.



     

    [ BACA JUGA: Beauty Q&A: Atasi Iritasi Setelah Bercukur ]

     

    Kesalahan #4: Tidak rutin mengganti pisau cukur Anda
    Pastikan bersih, tajam dan tidak rusak. Ganti pisau saat mulai terlihat karat dan berdebu. Normalnya adalah setelah 10 kali pemakaian. Pisau cukur yang sudah usang tidak akan bekerja efektif dan besar kemungkinan meninggalkan bintik kemerahan dan jerawat karena menyimpan banyak bakteri.

     

    [ BACA JUGA: Beauty Q&A: Mengatasi Ingrown Hair Sehabis Shaving ]

     

    Kesalahan #5: Tidak membilas
    Setelah selesai mencukur satu kaki, bilaslah terlebih dahulu dengan air dingin untuk menenangkan folikel kulit yang terbuka. Kalau perlu aplikasikan after shave cream setelah mencukur. Setelah ini, pasti kaki Anda jadi lebih terawat! (Silvya Winny / Image: Shutterstock / Clickphotos)