Better You

6 Cara Ampuh Atasi Hidung Mampet

  by: Redaksi       5/9/2017
  • Baik Anda alergi atau sedang flu, semua pasti setuju: hidung tersumbat adalah salah satu hal terburuk di dunia. Anda berusaha untuk mengeluarkan isinya, namun ternyata tidak ada apa-apa. Hidung tersumbat bukan hanya akibat dari cairan dan kotoran hidung, tapi karena pembuluh darah membengkak ketika sedang sakit. Apapun penyebabnya, Cosmo berikan tip ampuh agar Anda bisa bernapas seperti biasa kembali.

     

    Pijat



    Trik simpel ini bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja. Ada beberapa titik pada wajah Anda yang bisa membuat lega ketika diberikan pijatan.

    • Tepat di atas bibir: pijat titik ini selama 2-3 menit.
    • Jembatan hidung: gunakan jari telunjuk Anda dan lakukan gerakan berputar. Berikan sedikit tekanan selama 1-2 menit.
    • Di antara alis mata: tekan dengan lembut dan tegas selama satu menit penuh.

     

    Gunakan Air Humidifier

    Mesin ini bisa Anda beli di toko perlengkapan rumah manapun. Air humidifier akan mengubah air menjadi uap yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan ruangan. Bernapas di ruang yang lembap akan bantu meringankan iritasi dan pembuluh darah bengkak. So worth it.

     

    [ BACA JUGA: 6 Tips Agar Tidak Cepat Sakit Saat Musim Flu ]

     

    Kompres Jembatan Hidung

    Basahi lap atau handuk bersih dengan air hangat atau panaskan dalam microwave selama beberapa detik. Letakkan handuk hangat tersebut di jembatan hidung dan dahi. Mengompres akan memberikan kenyamanan pada hidung. Jika lap tersebut dingin, hangatkan kembali dan ulang proses sebanyak yang Anda butuhkan.

     



    Mandi Air Hangat

    Uap dari air panas akan menipiskan dinding lendir dalam hidung Anda dan mengempiskan peradangan. Anda juga bisa menyalakan air panas dan membiarkan hidung terkena uap selama beberapa detik. Solusi ini bersifat sementara, tapi cukup agar Anda bisa bernapas dengan normal selama beberapa waktu.

     

    [ BACA JUGA: Makanan dan Minuman Pereda Sakit Tenggorokan ]

     

    Olahraga

    Terutama bagi Anda yang alergi, olahraga bisa meningkatkan imun serta menghangatkan badan. Efeknya, lendir hidung akan mencair dan akan lebih mudah untuk membersihkannya.

     

    Minum Banyak Air

    Cara lain menjaga cairan hidung tidak mengeras adalah dengan minum banyak air. Ketika sedang sakit, air putih akan mendorong cairan hidung keluar serta menurunkan tekanan pada sinus. Tekanan yang rendah berarti bengkak serta iritasi berkurang. Secangkir teh hangat dengan jahe juga bisa membuat hidung merasa lega. Aah... nikmat! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Shutterstock / Clickphotos)