Better You

Cara Ampuh Mencegah Infeksi Saluran Kemih

  by: Hana A. Devarianti       4/9/2017
  • Tahukah Anda kalau ternyata wanita lebih rentan terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK)? Yup, penyakit yang menyerang sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra ini bahkan bisa dialami 40% hingga 50% wanita dalam seumur hidupnya. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri Escherichia coli atau E. coli, dan iritasi setelah seks. Hiii... Tidak mau dong Anda terkena penyakit ini. Yuk, simak tips Cosmo agar bebas dari ISK!

     

    Pilih Celana Dalam Katun



    Boleh jadi celana dalam g-string bisa memamerkan aset Anda dengan sempurna, plus bikin si dia makin tidak sabar untuk beraksi di ranjang. Namun, saran Cosmo simpan g-string seksi Anda hanya untuk momen "spesial" saja. Sebab, g-string yang ketat dapat mempermudah bakteri berpindah dari anus ke Miss Cheerful Anda. Jadi sebaiknya kenakan celana dalam berbahan katun untuk kegiatan sehari-hari. Bahan katun nyaman untuk Miss Cheerful karena dapat membuatnya Anda "bernapas". 

     

    [ BACA JUGA: 5 Masalah Kesehatan Wanita di Usia Produktif ]

     

    Lube It Baby

    Kalau Miss Cheerful sedang "kering", tidak ada salahnya menggunakan lubrikasi. Malah, ini jadi rekomendasi para dokter agar terhindar dari infeksi. Penggunaan lubrikasi mencegah terjadinya luka karena iritasi saat seks, yang kemudian dapat menyebabkan ISK. Hanya saja, gunakan lubrikasi yang berbahan dasar air dan silikon karena lubrikasi petroleum bisa menimbulkan vaginal infection. Jangan lupa juga untuk membersihkan "mainan" seksi Anda setelah digunakan, ya. Good hygiene is a must darling

     

    Gunakan Sabun Khusus

    Sabun dengan wangi berlebihan biasanya memiliki bahan kimia yang terlampau "keras" untuk Miss Cheerful. Hal yang sama juga berlaku pada detergen, bahkan pembalut yang menggunakan wewangian. Adapun bahan spesifik yang harus diperhatikan: gliserin dapat meningkatkan risiko infeksi jamur. Sebaiknya gunakan sabun dan detergen yang lembut.

     

    [ BACA JUGA: 6 Cek Kesehatan Yang Harus Rutin Anda Lakukan ]



     

    Jangan Menahan Pipis

    Okay, kebiasaan yang satu ini jelas buruk ladies. Tidak ada alasan untuk menahan pipis karena ini bisa meningkatkan risiko terkena ISK. Jadi, segera ke kamar mandi kalau memang sudah kebelet!

     

    Buang Air Kecil Sebelum dan Setelah Seks

    Memang sih rasanya ingin terlelap sambil cuddling begitu selesai mencoba berbagai posisi "panas" dengan si dia. Akan tetapi, jangan jadikan ini alasan untuk tidak pipis setelah seks. Alasannya? Tentu saja untuk urusan kesehatan. Buang air kecil setelah seks dapat mengeluarkan bakteri yang mungkin masuk saat beraksi dengan si dia. Sebaiknya Anda juga buang air kecil sebelum seks untuk mencegah pertukaran bakteri.

     

    [ BACA JUGA: 4 Penyebab Urine Berbau Tajam ]

     

    Hydrate, Hydrate, Hydrate!

    Tidak bosan-bosannya Cosmo mengingatkan Anda untuk minum cukup karena memang hal yang satu ini penting untuk kesehatan. Bahkan, tubuh yang terhidrasi dengan baik jadi cara ampuh agar tidak terkena ISK. Minum cukup akan memaksa tubuh untuk sering buang air kecil dan ini tentu bisa mengeluarkan bakteri-bakteri jahat dari tubuh, termasuk pula bakteri yang jadi penyebab ISK. (Hana Devarianti / SW / Image: Prazis Images / Shutterstock / Clickphotos )