Better You

Uh-oh, 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Anda Gemuk!

  by: Hana A. Devarianti       4/9/2017
  • Anda mungkin saat ini sedang bertanya-tanya, meski sudah rajin olahraga (bahkan, hampir setiap hari ke gym), tidak mengonsumsi fast food, malah sering menolak ajakan the girls untuk ladies night... Berat badan Anda masih saja belum berkurang. Well well well, pantas saja hal tersebut terjadi kalau Anda masih sering melakukan lima kebiasaan ini di pagi hari. 

     

    Anda Tidur Terlampau Lama



    Okay, tidur cukup memang penting. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda boleh tidur terlalu lama. Sama halnya dengan kurang tidur yang bisa bikin perut semakin buncit, tidur terlalu lama pun bisa menimbulkan efek yang sama. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal PLOS One menemukan, tidur lebih dari 10 jam semalam juga meningkatkan risiko memiliki BMI (Body Mass Index) lebih tinggi dibandingkan mereka yang mendapat tujuh sampai sembilan jam semalam. Jadi, tidak perlu tidur lama-lama sampai siang hari dear.

     

    [ BACA JUGA: Makan Malam Bikin Gemuk? Ini Kata Cosmo! ]

     

    Tidak Membuka Tirai

    Membuka tirai kamar tidur dan membiarkan sinar matahari pagi masuk ternyata bukan cuma bisa membangunkan tubuh dari tidur lelap, lho. Ia juga punya manfaat untuk menurunkan BMI tubuh. Bahkan, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS One, mendapatkan sinar matahari pagi 20 sampai 30 menit saja sudah cukup untuk mempengaruhi BMI. Ini karena gelombang cahaya biru dari sinar matahari akan "membangunkan" metabolisme tubuh, termasuk kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

     

    Merapikan Tempat Tidur

    Ladies, mulai sekarang jangan malas deh merapikan tempat tidur. Ini karena ternyata kebiasaan yang satu ini ada hubungannya dengan program diet yang tidak kunjung berhasil. Survei National Sleep Foundation menemukan, mereka yang rajin merapikan tempat tidur 19% lebih mungkin mendapatkan tidur nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak. Dan Anda tahu betul pentingnya tidur nyenyak untuk meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori. Tidak hanya itu, menurut Charles Duhigg penulis The Power of Habit, dengan merapikan tempat tidur Anda akan lebih mungkin untuk mengadopsi kebiasaan baik lainnya. Misalnya saja, membawa bekal makan siang sehat.



     

    [ BACA JUGA: Pekerjaan Membuat Anda Gemuk? Atasi dengan Tips Berikut ]

     

    Anda Malas Menimbang Berat Badan

    Memang sih tidak selamanya menimbang berat badan adalah kegiatan yang menyenangkan, terlebih begitu tahu angka timbangan terus meningkat. Ini juga yang mungkin jadi alasan Anda malas menimbang berat badan setiap hari. Akan tetapi, para peneliti Universitas Cornell mengatakan kalau mereka yang rutin menimbang berat badannya setiap hari lebih berhasil menurunkan dan mempertahankan berat badannya. Dan, waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, saat berat badan tubuh Anda berada pada titik terendah.

     

    [ BACA JUGA: Oh No... Makanan Sehat Ini Ternyata Bikin Gemuk! ]

     

    Anda Tidak Sarapan

    Anda mungkin wanita karier yang sangat sibuk tetapi bukan berarti Anda boleh melewatkan sarapan. Sarapan tidak hanya membuat tubuh lebih bertenaga di pagi hari sehingga bisa menyelesaikan tugas kantor dengan fearless. Dengan sarapan, Anda juga memuaskan "hasrat" untuk makan dan mencegah Anda makan berlebihan setelahnya. (Hana Devarianti / SW / Image: Inspiration GP / Shutterstocl / Clickphotos) )