Better You

Makin Tua, Makin Sulit Tidur? Ini Penyebabnya!

  by: Hana A. Devarianti       5/9/2017
  • Mendapatkan tidur cukup adalah hal yang tidak mudah bagi sebagian orang, malah Anda mungkin salah satunya! Dan hal ini akan bertambah parah seiring bertambahnya usia. 

     

    Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Neuron, sekelompok peneliti dari U.C. Berkeley berpendapat kalau mekanisme tertentu di otak akan berubah seiring bertambahnya usia. Hal tersebut yang kemudian mencegah Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat. Pada dasarnya, seiring bertambahnya usia, otak akan memiliki lebih banyak kesulitan untuk mengetahui apakan Anda benar-benar lelah. Penurunan kemampuan ini dimulai pada akhir usia 20an, dan ketika Anda berusia 50 tahun Anda malah akan mendapatkan waktu tidur nyenyak setengah dari jumlah yang Anda dapatkan dari 30 tahun sebelumnya. Ugh, not cool brain!



     

    [ BACA JUGA: Tetap Bisa Tidur Nyenyak Meski Pasangan Mendengkur ]

     

    "Ini hampir seperti antena radio yang lemah," kata Matthew Walker, profesor neuroscience dan psikologi U.C. Berkeley, dan co-author dari studi. "Sinyalnya ada di sana, tapi antena tidak bisa menangkapnya dengan baik."

     



    [ BACA JUGA: Berapa Lama Waktu Tidur Ideal yang Anda Butuhkan? ]

     

    Namun, masih ada harapan. Para peneliti menuturkan bahwa informasi ini dapat membantu mengembangkan pengobatan untuk masalah ini, juga terapi alternatif. Sambil menunggu hal tersebut terjadi Anda bisa mencoba beberapa trik ini untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Image by Voyagerix / Shutterstock / Clickphotos )