Better You

6 Cara Alami Redakan Batuk dan Tenggorokan Gatal

  by: Kezia Calesta       2/9/2017
  • Apakah tubuh Anda menunjukkan gejala batuk? Sebelum mencari obat di apotek, Anda bisa mempraktikkan 6 trik alami Cosmo untuk meredakan tenggorokan gatal.

     



     

    1. Perbanyak konsumsi air putih.

    First things first, drink more water! Air putih membantu mencairkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi.

     

    2. Mandi Air Panas

    Bila Anda biasanya bekerja di lingkungan yang dingin, mandilah dengan air panas! Uap yang terkumpul saat hot shower bisa meredakan batuk dengan cara melegakan hidung yang tersumbat

     

    3. Madu

    Riset telah membuktikan bahwa madu efektif mengobati batuk dan sakit leher. Anda bisa mengkonsumsinya dengan air hangat atau dengan perasan lemon. Yummy!

     

     



    4. Isap irisan lemon.

    Ya, buah lemon (dengan sedikit tambahan garam) sangat membantu meredakan batuk, lho. Bila Anda tidak tahan dengan keasamannya, Anda juga bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air madu.

     

    5. Teh Madu + Lada Hitam

    Bila batuk Anda berdahak, coba resep ini: satu sendok teh lada hitam, dua sendok makan madu, dan air mendidih. Biarkan selama 15 menit, saring lalu minum! Lada akan membuat sirkulasi semakin lancar dan madu akan melegakan batuk Anda.

     

    6. Teh Jahe

    Tradisi Timur sering menggunakan jahe untuk menyembuhkan sakit pilek dan batuk karena properti antihistamin dan dekongestan. Anda bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe ke dalam 3 gelas air mendidih. Biarkan selama 20 menit, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon. Voila!

     

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)