Beauty

7 Cara Mengurangi Kadar Minyak Pada Kulit

  by: Silvya Winny       5/9/2017
  • Jika Anda kerap dibuat kaget dengan banyaknya minyak yang menempel di atas kertas minyak dalam hitungan 3 jam sejak penggunaan makeup, Anda mungkin harus memikirkan lagi apakah perawatan kulit Anda sudah benar. Menurut Heidi Waldorf, MD, ahli dermatologi di Waldorf Dermatology Estetika di New York City, faktor genetik juga menjadi penentu utama masalah ini. Namun, Anda juga tak boleh menutup sebelah mata pada aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan dan hormon yang dapat memperburuk kulit berminyak. Tugas berikutnya adalah mencari cara bagaimana mengurangi jumlah minyak pada kulit? Simak!

     

    1. Temukan pembersih yang tepat
    Terdengar umum sih, pilih jenis pembersih oil cleanser dibuat khusus untuk jenis kulit berminyak. Dengan bantuannya, minyak yang ada di lapisan kulit dapat lepas dari sebum kulit, sehingga Anda bisa membilasnya tanpa perlu menekan berlebihan. Jika pembersih berbasis minyak tidak cocok untuk Anda, Dr. Waldorf merekomendasikan produk yang mengandung salicylic acid. Ia tak hanya mengeksfoliasi kulit dan meniadakan bakal jerawat, tapi dengan kandungan lipophilic-nya, membantu lemak (penyebab jerawat) tidak meradang pada kulit.



     

    2. Tidak berlebihan dengan toner
    Alih-alih mengandalkan toner setiap hari untuk mengendalikan jumlah minyak, gunakan sekali atau dua kali (paling banyak). Jika di dalamnya mengandung zat drying alcohol, mentol, atau peppermint, hentikan penggunan terlampau sering. Pemakaian yang terlalu sering membuat kulit lebih sensitif, dan tak bisa dengan sendirinya menyembuhkan jerawat. “Walau[un jumlah minyak terasa berkurang sementara usai memakai toner, ini dapat membuat kulit iritasi, dan parahnya melambungkan jumlah minyak di kulit,” kata Jordana Mattioli, LE, seorang ahli kecantikan medis di Complete Skin MD di NYC.

     

    [ BACA JUGA: 7 Tabir Surya Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak ]

     

    3. Hidrasi
    Salah satu kesalah terbesar yang diperhatikan para ahli kulit ini adalah banyak pasien yang melewati penggunaan pelembap. Sel kulit bagaikan ikan yang sangat membutuhkan air untuk hidup. Setiap kali setelah membersihkan wajah, kulit sementara terbebas dari seluruh minyak yang ada di permukaan, yang membuatnya sangat rentan terhadap dehidrasi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk menghalangi iritasi luar (seperti bakteri atau sinar UV) dengan menjaga kelembapan di dalamnya. Hindari pemakaian produk yang heavy duty seperti shea butter atau coconut oil untuk kulit berminyak. Meski bermanfaat untuk kulit kering, tapi ia dapat menyumbat pori-pori pada kulit berminyak. Sebagai gantinya carilah lotion ringan atau serum yang mengandung asam hyaluronic atau gliserin. "Keduanya bertindak seperti microsponges untuk menarik uap air ke dalam kulit dan menahannya di sana," kata Dr. Waldorf.

     

    4. Pertimbangkan retinoid
    Atau beberapa jenis produk vitamin A, yang mempercepat perputaran sel, dan menjadikannya sebagai faktor anti penuaan terbaik. Senyawa ini juga bekerja sangat baik pada jerawat.

     

    [ BACA JUGA: 10 Pelembap Bertekstur Ringan Untuk Kulit Berminyak ]



     

    5. Alternatif lain
    Terlalu banyak menggunakan bahan aktif yang terlampau keras bisa menyebabkan iritasi kulit. Dan dalam keadaan iritasi, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak. Mattioli menyarankan untuk menggunakan produk kulit yang mengandung satu bahan aktif saja. Ini berarti, jika Anda sedang menggunakan eksfoliator kimia dengan konsentrasi rendah asam, maka sebaiknya Anda tidak menimpanya dengan produk bersenyawa retinoid.

     

    6. Konsultasikan dengan dokter kulit
    Leyda Elizabeth Bowes, MD, seorang dermatolog di Bowes Dermatology di Miami, menyalahkan sebuah merk dan situs tertentu karena menyarankan sebuah mitos dan langkah yang salah mengenai jumlah produk dan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kulit lebih bercahaya. “Sebenarnya, semua itu akan membuat kulit memburuk," katanya. Daripada menebak-nebak, ikuti saran dokter kulit Anda. Dan jika Anda sedang berjuang melawan minyak berlebih atau jerawat ringan (komedo dan whiteheads) di usia berapa pun, temui dokter kulit Anda sebelum kondisinya memburuk dan lebih sulit diobati.

     

    [ BACA JUGA: 6 Penyebab Kulit Wajah Semakin Berminyak ]

     

    7. Bijak memilih makeup
    Dalam memilih produk makeup, hindari formula yang menyumbat pori-pori. Cari tekstur dan produk dengan kata kunci seperti “oil control” atau “mattifying”. Jika hanya beberapa bagian saja yang ingin Anda tutupi, pilih bedak saja daripada foundation. Terlepas dari produk yang Anda pilih, Dr. Bowes menekankan untuk menghapus makeup Anda sebelum tidur, “atau lebih baik, segera setelah Anda sampai di rumah, supaya kulit Anda bisa segera bernafas.”

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Silvya Winny. Perubahan telah dilakukan oleh editor.)