Better You

Mau Jadi Mahasiswa Berprestasi? Lakukan 3 Kebiasaan Ini

  by: Kezia Calesta       5/9/2017
  • Work hard, play hard. Kali ini, Cosmo membahas cara untuk work hard bagi para mahasiswa yang ingin berprestasi di masa kuliahnya. Ini tiga kebiasaan yang bisa membantu Anda mendapat nilai-nilai memuaskan.

     



    Time Management

    Beli sebuah kalender yang besar di mana Anda bisa mencatat jadwal Anda. Pajang di meja belajar atau dinding kamar agar Anda bisa tracking jadwal dengan mudah.
     

    • Tulis segala hal di kalender Anda dengan sistem color coding. Gunakan warna-warna berbeda di kalender Anda yang akan menandakan jadwal kelas, deadline tugas, proyek, ujian semester, hingga meeting bersama dosen. Anda akan lebih mudah membaca dan membedakan segalanya.
       
    • Agar Anda tidak malas melirik kalender, masukkan juga hal-hal personal yang membuat Anda senang. Catat kapan Anda berencana untuk berkumpul bersama the girls, party event seru yang Anda ingin ikuti, juga ulang tahun orang-orang tercinta.

     

    [ BACA JUGA: Tipe Musik Ini Efektif Tingkatkan Produktivitas Kerja! ]

     

    Know Your Learning Style

    Kenali cara belajar Anda sendiri. Apa yang membantu Anda fokus? Apa yang mengalihkan perhatian Anda?
     



    • Bila Anda lebih mudah belajar di tempat yang sunyi, gunakan fasilitas perpustakaan di kampus atau gunakan headphones peredam bising.
       
    • Anda cenderung malas kalau mengerjakan tugas di kasur? Pindah ke meja belajar, set suhu ruangan yang nyaman, matikan dering suara smartphone.
       
    • Apa teknik terbaik untuk menghafal teks atau rumus? Ada mahasiswa yang memilih menggunakan warna seperti highlighter, ada yang gemar mencatat, ada yang harus membaca dengan suara.
       
    • Anda seorang social learner? Bila Anda bisa belajar bersama grup dan semakin memahami topik setelah berdiskusi, kumpulkan teman-teman dengan learning style yang sama dan Anda bisa memulai sebuah study group yang efektif.

     

    [ BACA JUGA: Anda Lebih Cocok Bekerja Full-Time atau Freelance? ]

     

    Don't Skip Class

    Ini memang bukan study skill, tapi perilaku ini sangat penting.

    • Anda tidak bisa mengulang apa yang terjadi di kelas. Meski Anda mendapat catatan atau rangkuman teman, Anda tetap melewatkan konten yang diajarkan langsung oleh dosen. Oh, dan Anda juga tidak akan tahu saat sang dosen mengumumkan, “Materi ini akan keluar di ujian Anda berikutnya!”
       
    • Ditambah lagi, saat Anda selalu hadir tepat waktu, dosen akan melihat bahwa Anda seorang mahasiswa yang giat – dan Anda pun akan dianggap serius dan dihargai. It's time to grow up.

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Outnow.ch)

    tags: tips, kuliah, 2017