Lifestyle

ASEAN Marketing Summit Tebar Peluang Bisnis di ASEAN

  by: Silvya Winny       8/9/2017
  • Makin banyak belajar, akan makin kenal dengan tren pasar terutama di negara berkembang yang tersebar di Asia Tenggara (ASEAN). Dengan tema baru “ASEAN & INDONESIA: New Opportunities from The East”, ASEAN Marketing Summit (AMS) 2017 di tahun ketiganya kembali digelar kemarin, 6 September 2017 di Raffles Hotel Jakarta. Sejumlah kursi yang sudah dijual sejak jauh hari habis diburu para marketeers yang ingin menggali ilmu baru.

    Sekaligus merayakan peringatan 50 tahun ASEAN, AMS yang diadakan oleh MarkPlus dan bekerja sama dengan Philip Kotler Center ini mempertemukan para ahli dan komentator industri terkemuka dari arena bisnis dan pemasaran untuk membahas isu-isu yang paling mendesak yang dihadapi ASEAN sebagai kawasan yang “diincar” saat ini, terutama dengan permulaan Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC).

     



    [ BACA JUGA:  Langkah Awal untuk Memulai Bisnis E-Commerce ]

     

    Acara ini pun dibanjiri oleh asosiasi internasional ternama yang andal di bidang marketing. Sedikitnya ada 10 asosiasi yang berkesempatan meramaikan acara ini kemarin, seperti Asia Marketing Federation, China Council for the Promotion of International Trade, Marketing Association of Cambodia, hingga Indonesia Marketing Association.




    Kalau Anda memerhatikan Instagram Cosmo beberapa waktu lalu, sejumlah keynote speaker yang menjadi sorotan dalam ini salah satunya adalah Liana Green, Senior Adjunct Lecturer di NUS Business School, Singapore. Presentasi yang cukup singkat namun “berisi” mengenai How Women Are Key to Ending Poverty sangat menyalakan semangat para wanita untuk bantu mengakhiri kemiskinan, salah satunya dengan memburu peluang bisnis. Dalam riset yang ia utarakan bahwa berinvetasi pada tenaga kerja wanita adalah investasi yang menjanjikan. Menurut data Forbes, pengusaha wanita bisa mendapatkan keuntungan 20% lebih besar dengan hanya menggunakan 50% dana dari investasi – jauh lebih efektif dari pengusaha pria, lho. Awesome! Ya, masih ada harapan untuk Anda yang memang sedang berencana membuka bisnis baru.

    Nah, apakah peluang dari Timur, yang juga salah satunya adalah Indonesia, akan menunjukkan progres? Juga tergantung dari Anda, anak bangsa. Selagi ASEAN tengah menjadi poros kekuatan ekonomi baru dan dilirik banyak negara untuk berinvestasi di dalamnya, mengapa tak manfaat peluang?

    (Silvya Winny / Image: dok. Cosmopolitan)