Better You

Ini Olahraga Terbaik & Terburuk untuk Sakit Punggung

  by: Kezia Calesta       10/9/2017
  • Apa cara terbaik untuk mengatasi sakit punggung? Bila Anda pikir sakit punggung bisa diatasi dengan tidak melakukan apa-apa, Anda salah! Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan sakit punggung. Anda hanya harus memilih tipe olahraga yang baik untuk punggung Anda.

     

    LAKUKAN:



     

    Warming Up

    Sebelum berolahraga, selalu ingat untuk memulai dengan pemanasan. Ingat untuk stretching sebelum dan sesudah olahraga, dan hindari banyak gerakan dan kegiatan di menit-menit pertama. Namun,  Anda sebaiknya hindari gerakan stretching di mana Anda harus menyentuh ujung kaki dengan kaki yang lurus.

     

    Yoga

    Olahraga yang baik untuk sakit punggung adalah yoga, karena yoga menggabungkan fleksibilitas dengan melatih kekuatan. Jangan malu untuk memberitahu sang instructor tentang kondisi Anda -- dengan begitu, ia akan memastikan bahwa semua pose dan gerakan yang Anda lakukan aman untuk sakit punggung.

     

    Just Keep Swimming!

    Kegiatan aerobik melatih otot dengan repetitif, maka olahraga tersebut dapat membantu darah mengalir ke otot punggung untuk meningkatkan kekuatan. Menurut terapis fisik Maria Mepham, "Renang adalah olahraga sakit punggung terbaik. Air menyediakan support dan juga resistance, maka hampir semua tipe olahraga di dalam air aman dan dapat membantu sakit punggung."



     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan ]

     

    HINDARI

     

    Olahraga aerobik yang high impact seperti berlari, tennis, menari dengan cepat atau olahraga apapun yang menggoncangkan atau memutar tulang belakang Anda. Hindari juga olahraga kontak fisik seperti volley, sepakbola, atau trampolin. Best of luck!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)