Lifestyle

Suka Art Hunting? Kunjungi Gillman Barracks Singapura

  by: Kezia Calesta       11/9/2017
  • Saat berlibur ke Singapura, mungkin Anda pernah mengunjungi National Gallery atau National Museum untuk menikmati karya seni. Nah, apakah Anda pernah menginjakkan kaki ke Gillman Barracks? Tempat bersejarah yang terletak di 9 Lock Road ini awalnya dibangun pada tahun 1936 sebagai barak militer Inggris. Gedung-gedung tersebut terus dirawat dengan baik, dan kini Gillman Barracks dijadikan rumah untuk berbagai galeri seni lokal dan internasional!

     



    Para pecinta seni pasti tidak ingin melewati kesempatan ini, karena sembari jalan-jalan, Anda bisa mengunjungi lebih dari 10 galeri di area Gillman Barracks. Bahkan, lahan tersebut sering digunakan untuk acara-acara tahunan seperti Singapore Art Week dan pameran seni lainnya.

     

     

    Pada bulan Agustus kemarin, Cosmo mengelilingi Gillman Barracks bersama Singapore Tourism Board untuk melihat keberagaman karya seni yang hadir. Ini karya-karya seni favorit Cosmo:

     

    Di ShanghART Gallery, Anda bisa menikmati seni kontemporer Asia yang eklektik. Bahkan, galeri ini berani menampilkan karya-karya yang berbau politik, lho.

     

     

     

     

    Kunjungi Yeo Workshop bila Anda mau melihat karya seni yang edgy oleh seniman-seniman yang berasal dari Singapura, Cina, Indonesia, Australia, hingga Vietnam. Yeo Workshop juga sering menggelar program dan proyek untuk menekankan kepentingan edukasi dan memperluas komunitas seni. Psst, lukisan hijau oleh Filippo Sciascia berikut ini terbuat oleh zat klorofil dari tumbuhan! Cool, right?

     

     

     

     



    Dimula di Tokyo pada tahun 1994, Ota Fine Arts adalah pionir dari seni kontemporer Jepang yang mempromosikan banyak seniman Jepang termasuk Yayoi Kusama. Instalasi berikut menampilkan karya Masanori Handa, “A Palace”, yang struktural namun unik.

     

     

     

     

    Cosmo beruntung karena saat ini, Mizuma Gallery yang biasanya menampilkan seniman dari Asia Tenggara ini sedang mengadakan pameran Mark Justiniani yang one of a kind – ia menggunakan ilusi yang menakjubkan untuk membuat Anda merasa seperti sedang di luar angkasa.

     

     

     

     

    Semua tema dan karya seni di galeri-galeri berubah setiap beberapa bulan, maka Anda tidak akan bosan mengunjungi Gillman Barracks!

     

    Alamat:

    9 Lock Road (akses masuk lewat Malan Road dan Lock Road).

    MRT stop di Labrador Park (Circle Line station CC27).

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Cosmopolitan Indonesia / Instagram @gillmanbarracks)