Lifestyle

Asah Bakat Bisnis Melalui Kompetisi Pitching

  by: Sky Drupadi       12/9/2017
  • Jika ingin jadi penari, Anda ikut les tari di sebuah studio. Ingin mahir bermain piano? Bermainlah sampai jari Anda luwes. Nah, kalau mau jadi businessman atau businesswoman? Latih bakat mengajukan ide melalui kompetisi Pitch First 2017: National Business Pitching Competition. Diadakan pada tanggal 9 September lalu, kompetisi yang merupakan bagian dari multi-event bertajuk IDEACRAFT ini diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya.

     



     

    Mengusung tema “Social Empowerement Through Profibility”, Pitch First 2017 mengundang mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mengekspresikan serta mempresentasikan ide bisnisnya melalui kegiatan pitching. Gerakan bisnis ini biasanya dilakukan oleh para pelaku bisnis yang ingin mengajukan idenya di hadapan calon investor. So, sebelum terjun ke dunia nyata, para calon enterpreneur (alias peserta lomba) dapat menunjukkan kebolehannya melalui kompetisi unik ini.

    Tidak main-main, lho. Kompetisi Pitch First 2017 ini memiliki juri-juri yang cukup sukses, seperti Arief Mustain (Division Head Digital Service Telkom Indonesia), Nazier Ariffin (Angel-eQ Investor), dan Lisa Ayu Wulandari (Co-Founder PT Limakilo Majubersama Petani). Bukan sekedar mencari ide bisnis yang bisa menghasilkan profit, para juri pun juga mengutamakan ide yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. But no worries, 18 tim terbaik yang maju ke hadapan dewan juri memiliki ide yang inovatif, terampil, and oh-so inspiring. Walaupun demikian, tiap kompetisi pasti ada pemenangnya. Alfred, dari Universitas Prasetiya Mulia, berhasil merebut juara pertama dengan produk aplikasi kategori Fintech. Sedangkan, juara dua diraih oleh Abhipraya dari Institut Teknologi Bandung dengan produk tali air. Congratulations!

     



     

    Sebelum mengadakan Pitch First 2017, IDEACRAFT telah menyelenggarakan sebuah grand seminar pada bulan Agustus lalu. Event mendatang dari ajang bisnis dan ekonomi ini adalah Marketition 2017: National Marketing Competition yang ditujukan untuk mahasiswa Pascasarjana se-Indonesia.

    Semoga melalui ajang positif ini, generasi muda Indonesia dapat membangun jaringan kuat, serta makin semangat dalam memamerkan kreativitas mereka dalam berbisnis. #proud (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Cosmopolitan Indonesia)