Love & Sex

Merencanakan Pesta Pernikahan Dengan Budget Minim

  by: Salli Sabarrang       17/9/2017
  • Percaya atau tidak, banyak pasangan yang mengurungkan niat untuk menikah karena mahalnya biaya resepsi pernikahan. “Nikah itu mahal, butuh banyak biaya banyak bahkan ratusan juta” keluhan salah satu bestie Cosmo ketika dihadapkan dengan uang yang harus dikeluarkan demi peristiwa sakral yang satu ini. Hmmm... apakah benar demikian? Well tak usah khawatir ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari biaya mahal ini ketika ingin menikah. Dengan cara ini, setiap pasangan juga tetap bisa mewujudkan pernikahan impiannya, termasuk Anda!


    1. Undangan Yang Sederhana

    Undangan sederhana bukan berarti ala kadarnya, ya. Pilih desain yang sederhana (minimalis) dan tidak usah dicetak pada kertas yang tebal. Jika Anda punya teman yang pandai mendesain, jangan malu untuk meminta bantuannya. Atau sebagai jalan keluar, Anda bisa mengundang teman-teman Anda melalui e-invitation, jadi cukup dikirimkan ke e-mail mereka masing-masing. Cara ini bahkan tidak memerlukan biaya cetak dan pengantaran sedikitpun!




    2. Undang Teman dan Kolega Terdekat Saja.

    Anda harus membatasi jumlah orang yang ingin diundang ke pesta pernikahan. Semakin banyak undangan yang Anda sebar maka artinya Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk catering, souvenir, dan menyewa gedung yang lebih besar. Pilih teman dan kolega terdekat saja. Teman yang sebatas kenal dan bertegur sapa tidak perlu Anda undang.


    Baca juga: Ini 5 Keuntungan Resepsi Nikah Sederhana, Selain Hemat!


    3. Cari Gedung atau Tempat Untuk Mengadakan Resepsi Sejak Jauh Hari

    Degan persiapan cukup jauh, Anda memiliki cukup waktu untuk memilih atau mencari gedung yang bagus namun tetap murah dan sesuai dengan anggaran pernikahan Anda. Ketika memesan gedung dari jauh hari sebelumnya, biasanya biayanya akan jauh lebih murah dibanding mencari gedung dekat dengan hari H pernikahan.


    4. Jahit Baju Pengantin Sendiri

    Maksudnya Anda membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah tapi tetap berkualitas. Sehingga Anda akan tetap mendapatkan gaun impian.Anda juga bisa pertimbangkan untuk menyewa busana pengantin lengkap dengan aksesorisnya.




    5. Tidak Perlu Memakai Jasa Wedding Organizer

    Saran Cosmo, tidak perlu menyewa jasa wedding organizer, bahkan pernikahan beberapa editor Cosmo tidak menggunakan jasa yang satu ini. Dan tentunya acaranya tetap berjalan sukses kok. Yang perlu Anda lakukan adalah meminta tolong jasa the girls dan keluarga dekat Anda untuk membantu segala keperluan. Cukup bagi tugas mereka, misalnya Sinta dan Lidia untuk mengurus dekorasi, Jia dan Arinda mengurus catering, Zee dan Sisil mengurus makeup dan gaun. 


    Baca juga: 5 Peraturan Media Sosial untuk Kamu yang Baru Tunangan


    6. Acara Pernikahan

    Hindari menghambur-hamburkan budget pernikahan dengan mengadakan akad nikah dan resepsi di hari yang berbeda, karena hal ini hanya akan membuang waktu dan biaya lebih untuk tata rias dan juga catering! Anda juga bisa manfaatkan teman-teman untuk mengisi acara, seperti MC ataupun hiburan musik. Anda tinggal mentraktir mereka setelahnya, kan?


    7. Photobooth Sebagai Souvenir Pernikahan

    Anda bingung memilih suvenir pernikahan Anda? Photoboth bisa jadi pilihan yang menarik. Dengan menyediakan photobooth pada acara pernikahan Anda, tamu-tamu di acara Anda dapat berfoto beramai-ramai dengan menggunakan properti unik serta backdrop yang tersedia. Hasil fotonya dapat langsung dicetak dan dijadikan souvenir unik untuk acara Anda.


    (Salli Sabarrang / SW /Image: Sunkids/shutterstock/clickphotos)