Lifestyle

Ini Tips Menyimpan Kopi Agar Tahan Lama

  by: Alvin Yoga       17/9/2017
  • Kopi memang merupakan salah satu bahan minuman yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata cara penyimpanannya sangat berpengaruh pada kualitas saat diminum? Berikut cara menyimpan kopi yang tepat.

     

    Simpan Dalam Bentuk Biji



    Meski tidak memiliki batasan waktu dan tidak basi maupun berjamur, namun cita rasa kopi bisa dengan mudah memudar jika Anda menyimpannya dalam bentuk serbuk. Cara terbaik untuk mempertahankan kesegaran cita rasa kopi favorit Anda adalah kopi yang masih berbentuk biji atau coffee bean. Menggiling kopi hingga menjadi bubuk memang tidak salah, namun aroma khas kopinya akan cepat hilang. Saran terbaik dari Cosmo, grind kopi Anda untuk persediaan selama seminggu, lalu pertahankan sisanya dalam bentuk biji.

     

    Tempat yang Tepat

    Jika Anda memilih untuk menyimpan kopi dalam bentuk serbuk karena malas untuk menggiling kopi, well setidaknya simpan di tempat yang tepat. Jika selama ini Anda menyimpan kopi di tempat yang kedap udara, berarti cara penyimpanannya masih belum tepat. Ada baiknya Anda memasukkan serbuk kopi ke dalam plastik seal yang bisa mengeluarkan udara keluar tanpa memasukkan udara. Mengapa? Karena biji kopi yang baru di-roast atau grind akan menghasilkan gas yang harus dikeluarkan secara teratur. Trik lainnya? Masukkan dalam stoples, lalu buka wadahnya sekali sehari untuk mengeluarkan gas yang tersimpan.

     

    Suhu Ruangan



    Suhu dan ruangan penyimpanan sangat berpengaruh pada kualitas kopi, terlebih karena sifat kopi yang mudah menyerap bau di dekatnya. Perhatikan tempat Anda menyimpan kopi, dan jauhkan dari barang-barang berbau menyengat seperti buah durian. Untuk suhu yang tepat, jaga agar suhunya tidak terlalu panas seperti di dekat kompor, ataupun terlalu dingin seperti dimasukkan ke dalam kulkas. Hindari kopi Anda dari matahari langsung dan jangan simpan di dalam lemari yang lembab.

     

    Batas Waktu Penyimpanan

    Anda sudah menyimpan kopi dengan benar? Sekarang perhatikan batas waktu penyimpanannya. Kopi Anda akan nikmat jika disimpan dalam kurun waktu kurang dari bulan. Lebih dari dua bulan maka sebetulnya aromanya sudah menguap. Selamat menikmati kopi Anda, ladies!

    (Alvin Yoga / SW / AnnaTamila / Shutterstock / Clickphotos)