Lifestyle

Tasting Table Cassis Kitchen Hadirkan Resto Cuca Bali

  by: Sky Drupadi       16/9/2017
  • Beruntungnya Cosmo dapat mencicipi hidangan lezat dari Cuca, sebuah restoran yang berasal dari Jimbaran, Bali. Dibuka oleh Chef Kevin Cherkas dan sang istri pada tahun 2013, Cuca diundang oleh Cassis Kitchen, Sudirman, untuk menghidangkan makanan jagoannya sebagai bagian dari seri Tasting Table. Event makanan ini beberapa kali diadakan oleh Cassis Kitchen untuk mengenalkan chef dan restoran ternama yang berasal dari luar Jakarta. Kali ini, Cuca merupakan tamu kehormatan dari Tasting Table yang berlangsung pada 15-16 September tersebut. 

    Cuca bukan merupakan restoran biasa. Chef Kevin, yang sebelumnya bekerja di Shangri-La Singapore, bermimpi untuk membuka sebuah restoran tapas yang penuh jiwa. Ditemani sang istri, keduanya pindah ke Bali dan membangun bisnis dari nol. Berkomitmen untuk menggunakan produk lokal, hidangan Cuca tidak berpatokan pada satu jenis saja. Keunikan di tiap piring terinspirasi dari seluruh benua, baik itu Asia, Eropa, ataupun Amerika.



    Bruschetta lolli 

    Chili satay

     

    Sebagai pembuka, chef Kevin menyediakan tiga makanan yang sungguh spesial. Jangan tertipu oleh bentuknya yang manis (terutama untuk si bruscetta lolli). Walau kecil, cita rasa asin, gurih, dan manis meledak dengan indahnya dalam mulut Cosmo. Chili satay yang ditampilkan seperti cabai merah yang dipetik fresh dari kebun, ternyata berisikan ayam berbumbu yang dibakar dengan kelapa dan serai.

     

    Smoked butterfish



    Rice tempura soft shell crab

     

    Next, Cosmo mencicipi smoked butterfish yang cantik. Nah, berbeda dengan tiga hidangan pertama yang bermain dengan rasa, kali ini elemen yang "dimainkan" adalah tekstur. Kekenyalan dari ikan gindara, kelembutan dari yogurt buah bit, dan kerenyahan dari peterseli hijau, menyatu dengan sempurna dan playful. Sekilas, ikan gindara meniru rasa ikan salmon yang unik. Tapi ingat, Chef Kevin hanya menggunakan produk lokal milik Indonesia. Hasilnya? Magis!

    Berikutnya adalah grilled octopus. Mendengarnya, mungkin Anda berasumsi: susah dikunyah! Well, not this one. Daging gurita yang dipanggang langsung meleleh di mulut seperti mentega karena daging tersebut dipijat dengan tangan sebelum dipanggang.

     

    Big breakfast

     

    Okay, it's dessert time! Awalnya, Cosmo sempat ragu ketika melihat mangkuk berisi telur mata sapi, lengkap dengan kuningnya yang meleleh ketika dipecahkan. Tapi saat disantap, manis! Ini adalah Bali Breakfast yang sebenarnya tidak mengandung satu butir telur pun. Melainkan, bahan yang digunakan adalah mangga manis, markisa, dan kelapa. Absolutely deliciousTasting Table ini diakhiri dengan brownie ala Cuca, sebuah brownie yang berbeda dari lainnya. Berbentuk seperti mousse coklat, dessert ini disajikan dengan es krim gula aren dan remah-remah coklat yang menyeimbangkan rasa pahit dan manis. A perfect twist on a classic dish.

    "Atas nama seluruh staff Cuca dan istri saya, saya ingin berterima kasih pada Anda karena telah mencintai makanan," ucap sang koki setelah mempersembahkan hidangan terakhir. Chef Kevin menyajikan masakan yang dibuat dengan kerendahan hati dan pengalaman. Inilah experience yang ingin Anda rasakan ketika sedang berwisata kuliner. Terima kasih banyak Cassis Kitchen telah mengenalkan Cuca pada Cosmo. Berikutnya ke Bali, Anda tahu harus berkunjung ke mana. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Cosmopolitan Indonesia)