Better You

6 Langkah Membuat Kesan Pertama Yang Tak Terlupakan

  by: Hana A. Devarianti       18/9/2017
  • Ladies, jangan anggap remeh kesan pertama. Karena berdasarkan studi, seseorang akan menentukan apakah dia menyukai Anda, dapat mempercayai Anda, dan ingin memiliki hubungan yang lebih lanjut hanya dalam waktu beberapa detik pada pertemuan pertama. Jadi, bagaimana membuat kesan pertama yang tidak terlupakan? Darling, Anda telah mengklik artikel yang tepat!

     

    Langkah 1: Gunakan Tangan Anda



    Peneliti Robert Gifford, Cheuk Fan Ng, dan Margaret Wilkinson menemukan kalau kandidat karyawan yang menggerakkan tangannya lebih banyak saat wawancara kerja akan lebih mungkin untuk diterima kerja. Tangan menunjukkan intensi. Ketika seseorang dapat melihat tangan Anda, mereka jadi lebih tenang dan kemungkinan besar akan lebih ramah dengan Anda.

    Jadi, saat bertemu orang baru pastikan kalau tangan tidak berada dalam kantong. Sehingga, ini akan lebih mudah bagi orang lain untuk menjabat tangan Anda. Selain itu saat berbicara, jangan ragu untuk berekspresi menggunakan tangan.

     

    Langkah 2: Berikan Jabat Tangan yang Perfect!

    Jabat tangan yang sempurna dapat membuka pintu untuk membangun hubungan dengan seseorang. Sehingga, jangan sampai tangan Anda dalam keadaan basah atau berkeringat saat berjabat tangan dengan seseorang. Keep it dry, baby! Lalu, pastikan pula telapak tangan tidak menghadap ke atas atau ke bawah saat berjabat tangan. Telapak tangan yang menghadap ke atas menandakan gestur seseorang yang lemah. Sedangkan, telapak tangan menghadap ke bawah menunjukkan Anda seseorang yang dominan.

     

    Langkah 3: Klaim “Ruang Personal” Anda

    Ternyata mereka yang tampil percaya diri akan memiliki “ruang personal” yang besar. Peneliti Jessica Tracy dan David Matsumoto membandingkan atlet Olimpiade di seluruh dunia dan menemukan kalau atlet yang memenangkan pertandingan akan mengklaim “ruang personal” yang lebih besar dibandingkan mereka yang kalah.

    Bagaimana cara Anda mengklaim “ruang personal” layaknya seorang pemenang? Saat berdiri, hindari melipat tangan Anda dan biarkan tangan bergerak bebas di samping tubuh. Kalau duduk taruh tangan di atas meja atau letakkan di tempat sandaran tangan kursi. Lalu, duduk dan berdirilah dengan tegak.



     

    Langkah 4: Anggap Ini Bukan Pertemuan yang Pertama

    Kesan pertama adalah mekanisme bertahan hidup, dear. Bila bertemu orang baru, Anda harus memutuskan dengan cepat apakah Anda menginginkannya dalam hidup Anda, atau sebaliknya. Agar hal tersebut berjalan mulus, coba selalu berusaha menyapa seseorang seolah mereka adalah teman lama. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa canggung atau aneh ketika bertemu dengan orang baru.

     

    Langkah 5: Fokus Membuat Kontak Mata

    Saling membuat kontak mata dapat melepaskan hormon oksitosin, yang mana membuat Anda dan lawan bicara merasa lebih nyaman. Semakin sering memandang seseorang, semakin mudah pula merasa nyambung. Jadi, cobalah untuk menjaga kontak mata saat ngobrol dengan orang baru atau ketika Anda sedang menyampaikan hal penting. Jauhkan dulu smartphone supaya tidak tergoda untuk mengintip notifikasi yang muncul.

     

    Langkah 6: Ubah Rasa Cemas Jadi Semangat

    Merasa cemas dan gugup saat akan bertemu orang lain untuk pertama kalinya sangatlah wajar. Dan Anda sebenarnya bisa memanfaatkan hal tersebut. Alih-alih membiarkan diri Anda dikuasai rasa cemas, yang malah membuat rencana Anda memberikan kesan pertama yang tak terlupakan gagal, lebih baik anggap rasa cemas sebagai tanda kalau Anda bersemangat.

    Rasa cemas dan semangat tidak jauh berbeda, Anda akan merasa deg-degan, perut mungkin terasa mulas, dan sering kali Anda jadi gelisah. Ingatkan diri kalau merasakan hal ini justru baik, karena ini berarti Anda peduli. Jadi, “rangkul” saja rasa cemas tersebut. Pasti, ini bisa jadi modal awal untuk tampil percaya diri! (Hana Devarianti/SW/Image: Syda Productions/shutterstock/clickphotos)