Career

Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah

  by: Salli Sabarrang       19/9/2017
  • Menjadi karyawan sekaligus mahasiswa tentu bukanlah hal yang gampang. Tapi sebagai fun fearless female, And tidak boleh mengurungkan niat untuk kuliah lagi. Dengan mengikuti tips dari Cosmo berikut, yakin Anda akan melalui fase “kerja sambil kuliah” tanpa hambatan.

    Beritahu Atasan dan Pihak HRD

    Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memberitahu atasan dan pihak kantor tentang keputusan Anda untuk kuliah lagi. Katakanlah semuanya dengan transparan sehingga pihak kantor akan mengerti bila tiba-tiba Anda harus izin untuk mengurus keperluan kuliah seperti UTS ataupun UAS. Dengan jujur, Anda juga tidak perlu bolos ataupun pusing mencari alasan untuk si bos.



    Atur Jadwal Kuliah

    Pilih kampus dengan kelas karyawan yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja, seperti misalnya penyelenggaraan kuliah pada malam hari atau Anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau hari Sabtu dan Minggu. Bila ada jadwal yang bentrok antara kuliah dan kerja, pastikan untuk sudah mengomunikasikan dengan pihak-pihak terkait. Jangan sampai jadwal kuliah Anda bertabrakan dengan jam kerja.


    Manajemen Waktu

    Ketika Anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja maka pastikan Anda dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Menjalankan keduanya secara bersamaan bukanlah hal yang mudah, namun akan terbantu jika Anda bisa mengatur waktu. Usahakan juga untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu di kantor, dan gunakan waktu luang untuk mengerjakan tugas – tugas kuliah.



    Jangan Sampai Nilai Anda Bermasalah

    Meskipun bekerja, Anda harus memastikan bahwa nilai kuliah Anda tidak bermasalah. Selalu datang di jam kuliah, selesaikan tugas tepat waktu dan lain sebagainya. Jika nilai kuliah Anda buruk maka waktu tempuh kuliah bisa jadi lebih lama. Hal ini tentunya akan memberikan kerugian kepada Anda.

    Tetap Jaga Performa di Kantor

    Bukan hanya nilai Anda yang tidak boleh bermasalah, performa di kantor juga tidak boleh bermasalah. Menjaga performa di kantor merupakan kewajiban ketika Anda melakukan aktivitas bekerja dan kuliah secara berbarengan. Karena atasan Anda akan mempermasalahkan keputusan Anda untuk kuliah lagi ketika semua project yang Anda kerjakan terlambat dan berantakan.

    (Salli Sabarrang / SW / Image: Outnow.ch)