Better You

6 Alasan Kenapa Anda Sering Labil dan Cara Mengatasinya

  by: Kezia Calesta       19/9/2017
  • Apakah Anda sering merasa kesulitan saat harus membuat keputusan? Ini 6 alasan mengapa Anda labil – baca juga cara mengatasinya!



     

    1. Anda terlalu banyak berpikir.

    Bila Anda tidak pernah berhenti menganalisa sebuah situasi dan membayangkan semua kejadian buruk yang dapat terjadi, STOP. Overthinking hanya akan membuat Anda stres. Dengan merubah cara pikir menjadi lebih positif, Anda pun akan semakin mudah membuat keputusan.

     

    2. Orang lain selalu membuat keputusan untuk Anda.

    Apakah Anda selalu mengandalkan orang tua atau orang lain untuk membuat keputusan Anda? Anda tidak terbiasa membuat keputusan sendiri - mungkin itulah alasan mengapa Anda labil.

     

    3. Anda terlalu mengkhawatirkan pemikiran orang lain.

    Bila Anda selalu mengkhawatirkan opini orang lain, Anda akan semakin susah menentukan pilihan, karena pada akhirnya Anda akan terlalu paranoid untuk membuat keputusan apapun.

     

    4. Anda tidak mau mengecewakan orang lain.



    Anda sangat bersimpati, maka Anda tidak ingin membuat siapapun merasa tidak nyaman dengan keputusan Anda. Honey, you can't please everyone. Anda tidak boleh membiarkan perasaan orang lain berdampak besar kepada keputusan yang Anda buat sehari-hari.

     

    5. Anda trauma membuat keputusan sendiri.

    Anda pernah membuat keputusan yang salah, dan sejak itu Anda tidak berani untuk melakukannya lagi. Ladies, mistakes happen. Jangan biarkan sesuatu yang terjadi masa lalu mempengaruhi Anda selamanya!

     

    6. Anda tidak mau menyakiti perasaan orang lain.

    Again, ini kasus di mana Anda memprioritaskan perasaan orang lain ketimbang Anda sendiri. Terkadang, Anda harus bisa melupakan orang lain untuk fokus dengan apa yang membuat Anda bahagia.

     

    Ini tips agar Anda lebih mudah membuat keputusan:

    • Ingat bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang.
    • Pertimbangkan pro dan kontra dengan realistis. Namun, ada juga waktu di mana Anda harus mempercayai insting Anda.
    • Bila terlalu sulit, minta nasihat dari orang lain. Jangan berkata, “Apa yang harus saya lakukan?” Sebagai gantinya, tanyakan opini mereka agar Anda bisa melihat dari perspektif yang berbeda dan menentukan pilihan sendiri.
    • Bila Anda salah membuat keputusan, belajar dari kesalahan tersebut dan jangan menyerah.
    • Ketahui bahwa pada akhirnya, Anda yang memegang kendali.

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Outnow.ch)