Better You

3 Alasan Penting Untuk Membersihkan Earphones Anda

  by: Kezia Calesta       21/9/2017
  • Untuk Anda yang suka mendengarkan musik, earphones adalah salah satu benda yang wajib dibawa untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Pertanyaannya adalah, apakah Anda rutin membersihkan earphones? Jika tidak, ini 3 alasan untuk memulai kebiasaan tersebut!



     

    Bakteri dapat berkembang biak di dalam earphones Anda!

    Saat earphones digunakan, minyak dan kotoran telinga dapat menempel ke bagian dalam alat tersebut. Bila Anda jarang membersihkannya, minyak dan kotoran akan terus bertambah hingga menjadi sarang bakteri! No, thank you.

     

    Ternyata, meminjamkan earphones ke orang lain juga dapat berdampak buruk, lho.

    Saat Anda sharing, microbial flora di dalam telinga bertambah dua kali lipat, dan Anda pun akan terekspos bakteri baru. So, ingat untuk membersihkan earphones sebelum dan setelah meminjamkannya, ya.





    Baca juga: Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Aman


    Bakteri juga dapat tinggal di dalam saluran telinga Anda.

    Menurut Lisa Sturm, director of Epidemiology di University of Michigan Health System, “Udara panas yang terjebak di dalam saluran telinga Anda saat sedang menggunakan earphones merupakan lingkungan yang ideal untuk bakteri.”

     

    Solusinya?

    Menurut situs Audiology Awareness, minyak dan kotoran di earphones bisa dibersihkan dengan kain atau tisu kering. Bila bagian karet earbud bisa dilepas, bilas dengan air hangat dan cuci dengan sabun lembut sebelum dikeringkan. Atau, Anda bisa menggunakan disinfektan. Jangan sampai earphones terkena air, ya!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Clickphotos)