Beauty

7 Tips Menyalakan dan Menjaga Lilin Tetap Awet

  by: Ainjia Phioltia Paat       21/9/2017

  • Lilin aromatherapy merupakan produk luks yang mulai digemari oleh para wanita (dan pria) urban. Berikut tips dan trik dari Cosmo agar lilin cantik Anda tak cepat habis dan tetap wangi hingga titik penghabisan!

    1. Nyalakan lilin satu hingga dua jam saat pertama kali dinyalakan
    Untuk melelehkan lapisan wax paling atas dan memastikan lilin terbakar dengan seimbang selanjutnya, pastikan Anda menyalakan lilin 1 hingga 2 jam! Langkah menyalakan lilin di awal ini dinamakan memory burn. Apakah Anda pernah memiliki lilin yang pinggirnya tak terbakar rata? Hal ini dinamakan tunneling effect. Tunneling disebabkan oleh kurangnya waktu saat mengaplikasikan memory burn.

    2. Selalu gunting sumbunya!
    Semakin panjang sumbunya, semakin cepat lilin Anda terbakar. Jadi, trim sumbunya tiap sebelum dinyalakan, dan pastikan sumbu tak lebih panjang dari 2 milimeter, agar lilin tahan lama.



    3. Jangan meninggalkan lilin menyala sepanjang malam
    Memang, lilin aromatherapy bikin mood rileks dan nyaman. Namun, cegah lilin menyala lebih dari 4 jam karena sumbu akan terselubung karbon, atau disebut juga dengan mushrooming. Hal ini bisa membuat nyala api tak terkontrol, dan mengeluarkan asap hitam. Not pretty and dangerous!

    4. Jangan letakkan lilin di tempat yang terkena udara dingin secara langsung
    Hindari meletakkan lilin yang menyala di dekat air conditioner karena akan membuat lilin terkonsumsi lebih cepat.

    5. Luruskan sumbu setelah habis dibakar
    Hal ini untuk mencegah noda jelaga tersisa di sisi gelas. Tegakkan dan geser sumbu kembali ke tengah setelah mematikan lilin, saat waxnya masih cair.

    6. Jangan tiup lilin untuk mematikannya!
    Cukup tutup mulut gelas dengan piring keramik atau gunakan pemati lilin khusus, atau candle snuffer.



    Try: Zara Home L'Accessoire Candle Snuffer, Rp299.000,-.

    7. Bersihkan gelasnya
    Gelas lilin Anda terlanjur ternoda jelaga? No worries, gunakan kapas basah yang telah dicelup dengan air sabun dan gosok lembut noda hitam yang tersisa di gelas lilin Anda. Pastikan gelas telah kering secara total sebelum menyalakan lilin lagi, ya!

     

    (Ainjia Paat/Image: Diptyque Instagram, Zara Home)