Beauty

5 Penyebab Jerawat di Punggung Selalu Muncul

  by: Silvya Winny       24/9/2017
  • Punya satu jerawat di wajah saja frustasinya sudah tak terbendung. Lalu masalah jerawat itu juga melanda punggung atau bacne (back acne). Malahan kemunculannya layaknya peserta demonstrasi, banyak sekali. Nah, untungnya dengan menambah tindakan preventif ini di rutinitas kecantikan Anda sehari-hari, masalah jerawat di punggung tadi bisa jadi cerita lama Anda.

     

    Alasan #1: Anda memakai produk yang menyumbat pori-pori kulit
    Contohnya, kondisioner, sunscreen, body cream, atau massage oil? Cek lagi deh kemungkinan awalnya si “merah” ini bisa saja bermula dari mereka.
    Cegah dengan:
    Saat mencuci dan pakai kondisioner, sibakkan rambut Anda dan bilas di arah depan untuk menghindari residu sampo dan kondisioner yang tertinggal di punggung. Alih-alih memilih tabir surya biasa, pilihlah yang telah diberi label "ultra-light" atau "cepat kering." Di musim panas seperti ini gunakan lotion daripada body cream karena ia memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit dan diperkaya lebih banyak air untuk melembapkan kulit, tanpa jadi menyumbatnya.




    Baca Juga: Rekomendasi Sabun Mandi untuk Atasi Jerawat Punggung

     

    Alasan #2: Baju yang Anda pakai memicu iritasi kulit.
    Disaat olahraga dapat menyulap tubuh Anda jadi lebih ideal, tapi sayangnya kalau tidak bersih dan higienis justru bisa mengundang jerawat di punggung. Gesekan bra yang terlampau ketat saat berolahraga membuat folikel rambut iritasi lalu muncul benjolan merah.
    Cegah dengan:
    “Setelah olahraga, Anda harus mandi,” kata Tami Cassis M.D., asisten profesor klinis dermatologi di The University of Louisville. “Memakai bra yang sudah dipakai saat olahraga, atau kaos yang kebesaran, juga tidak disarankan,” tambahnya. Lebih baik luangkan waktu beberapa menit untuk bersihkan tubuh setelah berolahraga daripada nantinya Anda jadi tamu rutin di dokter kulit. Hiiii!

     

    Penyebab # 3: Anda cenderung gampang berjerawat.
    Jika riwayat kulit berjerawat sudah mendarah dalam keluarga, jangan heran kalau Anda bernasib sama.
    Cegah dengan:
    Jangan khawatir, ada kok cara untuk menyiasati gen Anda. Coba gunakan obat umum yang mengandung asam salisilat atau cuka asam glikolat untuk mencegah dan menyembuhkan blemishes. Membilas kulit cenderung meminimalisir risiko iritasi dibandingkan dengan obat oles. Lagipula mandi adalah rutinitas yang hampir tak pernah terlewatkan setiap hari, maka cara ini akan jauh lebih efektif. Tapi jika cara ini masih belum membuat jerawat Anda absen, resep antibiotik bisa jadi rekomendasi baik untuk kulit Ada (dari dokter kulit tentunya).




    Baca Juga: 12 Cara Mudah Atasi Jerawat di Punggung!

     

    Alasan # 4: Anda tidak makan makanan yang disarankan untuk menutrisi kulit.
    Ingat: Apa yang baik untuk jantung juga bagus untuk kulit Anda, jadi mungkin sudah waktunya untuk mengurangi milkshake dan burger itu jika Anda menginginkan kulit yang lebih baik.
    Cegah dengan:
    Ini saran yang lebih mudah: Makanlah makanan yang seimbang. Nah menariknya, beberapa penelitian memang menunjukkan korelasi antara asupan yang tinggi akan produk dairy dan jerawat. Tak berarti Anda mengurangi konsumsi susu secara berlebihan dari biasanya. Para ahli dermatologis menyarankan untuk tidak menghapus susu dalam keseharian, hanya mengurangi intensitas konsumsinya kok.

     


    Alasan #5: Saat mandi, Anda tidak membersihkan punggung Anda
    Hampir tiap hari mandi, tapi area punggung kadang sering luput dari perhatian untuk dibersihkan. Sulit dijangkau tangan, tidak kelihatan, hampir tak bikin bau, jadi ya inilah kurang lebih alasannya Anda  tidak lama-lama membersihkannya. Padahal kenyataannya, punggung Anda butuh “cinta” juga.
    Cegah dengan:
    Karena area ini adalah salah satu daerah rawan jerawat, Anda perlu mengobatinya seolah-olah ini adalah kulit wajah Anda. Menjaga agar folikel tetap bersih dan tidak tersumbat, sudah cukup untuk membuat ia tidak dihinggapi “si merah”. Bersihkan dengan pembersih yang membantu eksfoliasi kulit, yang menghidrasinya, dan menenangkan kulit yang meradang. Ini membantu menjaga agar folikel tetap bersih dan tidak tersumbat, sehingga membuat punggung tidak mudah terkena jerawat. Jika dilakukan setiap hari, ini akan membuat bacne takluk. (Silvya Winny / Image: Razoomanet / Shutterstock / Clickphotos)