Lifestyle

141 Anak Rusun Jakarta Jadi Bintang Utama Drama Musikal

  by: Sky Drupadi       22/9/2017
  • “Akhirnya, drama musikal ini telah dilaksanakan...” Begitulah helaan napas lega dari Ibu Veronica Tan, yang merupakan penggagas utama dari Operet Aku Anak Rusun pada 21 September lalu. Berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater, istri dari mantan gubernur DKI Jakarta ini bekerja sama dengan Ibu Happy Farida Djarot dan Perkumpulan Artsip untuk mengadakan sebuah drama musikal yang melibatkan anak-anak penghuni rumah susun di Jakarta.

     



     

    Drama musikal yang berjudul Ada Gulali di Hatiku ini mengajak Komunitas Paduan Suara Aku Anak Rusun untuk menunjukkan kebolehannya di atas panggung. Berasal dari rusun berbeda-beda, sebanyak 141 anak dan 20 penari profesional bergabung untuk menghasilkan sebuah karya seni positif yang sungguh menghibur hati. Bukan sekedar bercerita dan bernyanyi, Ada Gulali di Hatiku menjadi simbol untuk persatuan dan kebersamaan dalam keragaman melalui sebuah kisah persahabatan yang harmonis. 

     

     

    Penampilan ekspresif dari tiap pemain menunjukkan kerja keras yang telah dituangkan selama 6 bulan latihan. Selain itu, setting panggung realistis dan koreografi rapi yang dibawakan dengan kostum berwarna-warni membuat penonton makin terpikat. Tiap adegan dilengkapi dengan lagu masa kecil yang familier di telinga. Dari Lihat Kebunku, Pelangi, dan Naik Becak, ke lagu daerah seperti Gundul Pacul, Rasa Sayange, serta Ondel-Ondel, semuanya dibawakan dengan nuansa unik dan modern. Ditambah dengan tarian lincah menggemaskan dari anak-anak rusun, penonton tak kuasa menahan senyuman dan memberikan tepukan tangan meriah.



     

     

    Nah, bukan anak-anak rusun saja yang diberikan spotlight dalam event yang menggugah hati ini. Addie MS, salah satu konduktor ternama di Indonesia, memeriahkan pagelaran dengan memimpin lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Garuda Pancasila. Tak seorang diri, ayah dari Kevin Aprilio ini ditemani oleh parade guru-guru PAUD Rusun Jakarta yang mengenakan baju daerah Indonesia. Ibu Veronica pun ikut serta dalam keseruan ketika ia menginjak panggung untuk membawakan lagu Ibu Pertiwi dan Kebyar-Kebyar dengan alat musik cello.  Merinding!

    Penuh tawa dan inspirasi, Ada Gulali di Hatiku merupakan persembahan yang indah untuk masyarakat Jakarta dari berbagai umur. Drama musikal ini pun membuka kesempatan bagi anak-anak rusun yang ingin menyumbangkan bakatnya dalam industri seni yang terus berkembang di Jakarta. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Aku Anak Rusun / Cosmopolitan Indonesia)