Love & Sex

Jangan Dulu Bertunangan Sebelum Lewati 5 Hal Ini!

  by: Hana A. Devarianti       23/9/2017
  • Ladies, hubungan yang telah terjalin bertahun-tahun belum tentu menandakan Anda dan si dia sudah siap bertunangan. Jadi, bagaimana bisa tahu waktu yang tepat untuk "melangkah" lebih serius? Ternyata, Anda dan si dia harus melewati dulu lima hal yang ada di bawah ini.

     

    Bertengkar Hebat



    Meskipun Anda dan si dia adalah tipe pasangan yang tidak pernah "beradu mulut", tetapi ini bukan berarti pertengkaran tidak akan pernah terjadi di masa depan. Malah, pertengkaran jadi satu hal yang tak terelakkan dalam hubungan. Maka dari itu, penting untuk tahu bagaimana menghadapi si dia ketika suasana hubungan sedang jauh dari kata romantis dan begitu pula sebaliknya. Eh, tapi ini bukan jadi alasan untuk menyulut emosi si dia saat ini juga ya. Bad idea!

     

    Berhasil Melewati "Badai" Bersama-sama

    Pernikahan yang sukses adalah ketika dapat saling mendukung satu sama lain. Jadi, tentu bukan pertanda yang baik ketika si dia malah tiba-tiba menghilang saat Anda mengalami krisis keluarga, proyek kerja yang melelahkan, atau musibah lainnya. Anda harus bisa memastikan kalau si dia akan tetap berada di sisi Anda ketika hidup sedang berputar ke bawah dan segalanya jadi sulit. Begitu pula Anda yang harus bisa mendampingi dan memberi dukungan untuk dia dalam situasi apapun.

     

    Bertemu dengan Keluarga



    Harus diakui, di Indonesia pernikahan bukan cuma soal perkawinan Anda dan si dia tetapi juga soal "perkawinan" dua keluarga. Sehingga, penting untuk saling mengetahui dinamika keluarga masing-masing. Kemudian, melihat apakah kedua keluarga bisa sama-sama menyesuaikan diri demi kelanjutan hubungan Anda dan calon suami.

     

    Bicara Soal Uang

    Perceraian karena masalah uang bukan lagi berita baru. Bahkan, menurut Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama tahun 2016, masalah ekonomi berada di urutan ketiga sebagai penyebab gugat cerai di Indonesia. Jadi bicarakanlah soal uang dengan si dia. Seperti apa spending habit masing-masing, apa saja hal yang ditakutkan soal keuangan di masa depan, dan bagaimana pandangan Anda dan si dia soal uang. Tidak hanya itu, membuat keputusan finansial sebelum tunangan juga jadi hal yang krusial.

     

    Empat Huruf Penting: S-E-K-S!

    Rasanya, sebagai pembaca Cosmo, Anda pasti sudah tahu manfaat plus dari menjaga intimasi di ranjang bagi kelangsungan hubungan. So, tidak usah malu-malu membicarakan seks dengan si dia. Katakan secara terbuka apa saja yang Anda suka dan tanyakan pula hal yang sama kepadanya. Pastikan Anda dan si dia akan “nyambung” untuk soal yang satu ini. Hey, healthy sex life is healthy marriage, darling! (Hana Devarianti/SW/Image: outnow.ch)